Pemkot Tual Kembali Raih WTP 3 Kali Berturut-turut

  • Whatsapp

Tual, Malukupost.com – Pemerintah Kota (Pemkot) Tual dibawa kepemimpinan Wali Kota Tual Adam Rahayaan dan Wakil Wali Kotanya Usman Tamnge, untuk ke-3 kalinya sejak 2018 kembali meraih,  Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) atau Unqualified Opinion tahun Anggaran 2020 pada senin (31/5/2021).

Penyerahan yang dilaksanakan  secara Virtual itu, diberikan Kepada 2 Kota dan 5 Kabupaten. dari 11 Kabupaten/Kota di Provinsi Maluku yakni, Pemkot Tual, Pemkot Ambon, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Seram Bagian Barat, Pemkab Maluku Tengah, Pemkab Maluku Tenggara, Pemkab Maluku Barat Daya, dan Pemkab Buru Selatan.

Lewat kesempatan itu, Kepala Badan Pemeriksa Keuangan Republik Indonesia (BPK RI) Perwakilan Provinsi Maluku, Muhammad Abidin menyatakan, Kota Tual sejak 2018 sampai pada 2020 untuk ke 3 kalinya berturut-turut mendapatkan WTP.

Diungkapkan, pihaknya dalam melaksanakan pemeriksaan Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) Kota Tual, Tahun Anggaran 2020 telah selesai sehingga memberikan opini WTP.

“Atas komitmen dan kerja keras sehingga telah dicapai capaian oleh Pemkot Tual, untuk itu kami mengucapkan selamat dimana telah mempertahankan WTP selama tiga kali berturut-turut.” ucapnya

Abidin menandaskan, Ikhtisar Hasil Pemeriksaan Daerah (IHPD) Provinsi Maluku tahun 2020 telah dilakukan  dan Kota Tual, dalam laporan keuangan Unaudited dapat dilaksanakan secara tepat waktu.

“Ini sesuai dengan ketentuan sebagaimana telah diatur dalam pasal 56 ayat 3, undang-undang nomor 1 tahun 2004 yakni, paling lambat tiga bulan setelah tahun anggaran berakhir.” jelasnya

Abidin juga menegaskan, dalam rangka meningkatkan pengelolaan dan tanggung jawab keuangan daerah, BPK memandang perlu untuk menerbitkan IHPD.

“Penyusunan IHPD bertujuan agar dapat memberikan Informasi Kepada Gubernur, Wali Kota, Bupati untuk melaksanakan evaluasi dan  benchmarking juga DPRD dalam mengawasi pelaksanaan APBD.” Pungkasnya

Pos terkait