Menjawab Kritikan Warga, Bupati Hanubun: Saya Senang Kalau Dikritik, Karena Perbedaan Itu Adalah Aset

  • Whatsapp

Langgur, MalukuPost.com – Menjawab sejumlah kritikan warga terhadap jalannya pemerintahan dan kinerja aparatur, Bupati Maluku Tenggara (Malra) M. Thaher Hanubun mengaku senang jika dikritik warganya.

“Saya senang-senang saja kalau dikritik, karena kritikan itu sesuatu yang menyenangkan. Namun kritikan juga harus ada solusinya atau jalan keluarnya,” katanya di Langgur, Senin (30/8/2021).

Menurutnya, kritikan dari warga kepada pemerintahan merupakan bahan untuk memacu diri untuk meningkatkan kualitas dan kinerja.

“Saya senang kalau dikritik, karena perbedaan itu adalah aset untuk saya dan teman-teman staf, pegawai dan pimpinan OPD untuk kita meningkatkan lagi kinerja dan prestasi kerja,” tandasnya.

Dirinya mencotohi program Inovasi Gerakan Ketahanan Pangan Maluku Tenggara (Ve’e Kes Yang) yang dilaksanakan sejak pandemi Covid-19 melanda Malra tahun 2020 lalu, dan hingga saat ini masih dilaksanakan.

Program inovasi yang telah mendorong Budaya Berkebun, Difersifikasi Pangan Lokal dan Peningkatan Produktivitas Pertanian tersebut berhasil mendapat pengakuan Pemerintah Pusat melalui Tim Pengendali Inflasi Pusat (TPIP) dengan Penghargaan TPID Kabupaten/Kota Terbaik Tahun 2020 Wilayah Nusa Tenggara, Papua dan Maluku.

Diakuinya, tidak sedikit warga yang menyampaikan kritikan terkait program inovasi dimaksud, namun Pemkab Malra menjawab semuanya dengan penghargaan TPID Awar 2020 Kabupaten/Kota Terbaik Tahun 2020.

“Saya berharap kritikan dari warga terus ada dan berjalan. Itu tidak masalah untuk saya, yang penting kritikan harus dikasih jalan keluarnya (solusinya). Semua kritikan itu terbukti untuk kita memacu diri,” ungkapnya.

Bupati Hanubun menambahkan, kesuksesan program ketahanan pangan (Ve’e Kes Yang) di Maluku Tenggara Langgur tidak terlepas dari sentuhan Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan melalui para penyuluh serta Bagian Perekonomian dan Sumber Daya Alam.

“Tercatatnya Ve’e Kes Yang di Lembaran Negara adalah Rahmat dari Tuhan kepada kita semua warga Malra,” pungkasnya.

 

Pos terkait