Pemerintah Ohoi Ohoiel Gelar Pencanangan Bibit Pohon Pisang Dan Kelapa

  • Whatsapp
Kadis Ketahanan Pangan dan Pertanian Ir. Felix B. Tethool bersama Kadis Pemberdayaan Masyarakat Desa, Perempuan dan Anak Dra. Maryam Matdoan, M.Si mewakili Pemda Malra dalam Pencanangan Penanaman Bibit Pohon Pisang dan Kelapa di ohoi Ohoiel, Kecamatan Kei Besar, Sabtu (7/8/2021).

Langgur, MalukuPost.com – Pemerintah dan masyarakat Ohoi (desa) Ohoiel, Kecamatan Kei Besar, Kabupaten Maluku Tenggara (Malra) menggelar pencanangan penanaman bibit pohon pisang dan kelapa.

Pencanangan kegiatan tersebut dipusatkan di ohoi Ohoiel, Sabtu (7/8), dan dihadiri oleh Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian serta Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa, Perempuan dan Perlindungan Anak yang mewakili Pemerintah Daerah.

Kepada Malukupost.com di Langgur, Senin (9/8/2021), Pejabat Kepala Ohoi Ohoiel Titus Beatubun mengungkapkan, program Pencanangan Bibit Pohon Pisang dan Kelapa adalah Program Pemberdayaan Pemerintah Ohoi Tahun 2021untuk meningkatkan aktivitas dan perekonomian masyarakat.

Menurutnya, pencanangan kedua bibit tanaman dimaksud karena menjadi komoditi unggulan pada wilayah Kei Besar.

Pejabat Kepala Ohoi Ohoiel, Titus Betaubun, S.Sos., M.Si

“Kami mengharapkan dukungan dari semua pihak agar oportunity yang baik ini tidak disia-siakan,” ujarnya.

Betaubun menambahkan, melalui program pemberdayaan yang dicanangkan di hari ini dapat memperkuat ketahanan pangan lokal di era Pandemi Covid-19 di bumi Woma Elbanyal Ngonselis Ohoi Ohoiel.

“Semoga harapan dan semangan petani dapat menjadi bagian terpenting dari proses pembangunan di kabupaten Malra menuju Maluku Tenggara Hebat,” tandasnya.

Terkait data demografis ohoi Ohoiel, jumlah penduduk sesuai data yang diperoleh dari Tim Pendata Ohoi SDGS tahun 2021 berjumlah 1.125 jiwa, jumlah kepala keluarga sebanyak 227 KK dan jumlah rumah adalah 175 unit.

Untuk bibit pohon pisang dan kelapa telah disiapkan oleh masing-masing rumah (menyiapkan dan menanam 10 pohon pisang dan 10 pohon kelapa), dan ditanaman tersebut ditanam pada lahan (petuanan) hak milik masing-masing.

Total jumlah bibit pohon pisang yang ditanam oleh masyarakat Ohoi Ohoiel sebanyak 1.750, dan sebanyak 3.500 bibi pohon kelapa.

Betaubun mengungkapkan, untuk pembiayaan pelaksanaan kegiatan tersebut bersumber dari Dana Pemberdayaan dan Dana Covid-19 Bagian Penguatan Ketahanan Pangan Lokal APB Ohoi Tahun Anggaran 2021, dengan akumulasi per (tiap) rumah sebesar Rp.700.000 (tujuh ratus ribu rupiah).

Untuk diketahui, pelaksanaan kegiatan pencanangan tersebut dilaksanakan pula kegiatan pengresmian Posko PPKM dan Pelantikan Pemuda Ohoi Ohoiel.

Pos terkait