Lanal Saumlaki Terus Galakan Program Vaksinasi Bagi Masyarakat Maritim

  • Whatsapp

Saumlaki, MalukuPost.com – Pangkalan TNI AL (Lanal) Saumlaki hingga kini terus menggalakan program vaksinasi kepada masyarakat maritim di Kabupaten Kepulauan Tanimbar.

Komandan Lanal (Danlanal) Saumlaki, Letkol Laut (P) Ridwan Rizky Musa, Sabtu (09/10/2021), menyatakan pelaksanaan vaksinansi yang dilakukan merupakan upaya pemerataan kepada masyarakat guna mendukung Pemerintah mensukseskan program Vaksinasi Nasional menuju Indonesia Sehat Bebas Covid-19.

“Pelaksanaan vaksinansi kali ini didasarkan bagi masyarakat maritim di desa Olilit, kecamatan Tanimbar Selatan, Kabupaten Kepulauan Tanimbar, Sabtu (09/10/2021) dan dilaksanakan dengan cara “door to door” yakni dengan mendatangi rumah-rumah masyarakat,” katanya.

“Cara door to door tersebut merupakan bentuk percepatan dalam pelayanan vaksinasi Lanal Saumlaki kepada masyarakat, dengan harapan, dapat meningkatkan partisipasi masyarakat dalam vaksinasi karena tentunya dengan door to door dapat menjangkau keluarga yang belum mempunyai akses vaksin,” katanya lagi.

Dijelaskan Ridwan, meskipun dilaksanakan secara door too door, kegiatan itu tetap dilaksanakan dengan protokol kesehatan secara ketat dan sesuai tahapan, antara lain seperti pendaftaran, pengecekan tekanan darah,suhu tubuh, dan skrining kesehatan sesuai standard pelaksanaan yang dikeluarkan Kemenkes RI.

“Jika dalam pemeriksaan dan tidak ditemukan kendala, maka warga menerima suntikan vaksin jenis Sinovac dan dilanjutkan dengan observasi,” ungkapnya.

Sekedar diketahui, Lanal Saumlaki dalam melaksanakan vaksinasi tersebut menerjunkan tim vaksinator dari Balai Pengobatan Lanal Saumlaki, Bintara Potensi Maritim (Babinpotmar) dan unsur pengamanan.

Pos terkait