Mika Ganobal Raih Runner Up Pejuang Iklim Inspiratif 2021

  • Whatsapp

Laporan Rudi Fofid-Ambon

Malukupost.com – Koordinator Gerakan Save Aru Mika Ganobal dipilih sebagai Tokoh Pejuang Iklim Pilihan Tempo Institute, Jakarta. Lurah Siwalima Kota Dobo tersebut menempati posisi runner up untuk kategori konservasi. Pemenang pertama adalah Suyadi, penjaga mangrove pesisir Pasarbanggi.

Pada kategori sosioprenur, pemenangnya adalah Nisya Saadah, Penggagas Pesantren Ekologi At-Thariq di Garut. Sedangkan runner up adalah Adi Reza Nugroho, pengusung startup mycotech.

Tempo Institute mengumumkan penghargaan Pejuang Iklim secara virtual, Kamis (14/10) siang ini dari Jakarta. Mika mengikuti pengumuman dan diskusi virtual dari rumahnya di Dobo, Kepulauan Aru.

Direktur Tempo Institute Qaris Tajudin dalam surat kepada Mika tertanggal 7 Oktober 2021 menyebutkan Mika sebagai salah satu nominator. Mika sendiri mengaku kaget bahwa namanya bisa menempati posisi runner up.

“Ini adalah penghargaan bagi masyarakat adat Aru secara umum, dan Khususnya bagi masyarakat Marafenfen yang sementara berjuang. Beta hanya alat kecil saja,” kata Mika yang dihubungi Media Berita Maluku Post, dari Ambon, usai pengumuman tadi.

Melalui riset mendalam, Tempo Institute menilai, perjuangan Mika bersama masyarakat adat Aru dalam gerakan Save Aru Islands telah berhasil menyelamatkan hutan Aru yang hendak dialihfungsikan.

“Saya dan semua di gerakan Save Aru Islands, tidak pernah berjuang demi sebuah penghargaan. Penghargaan bukanlah tujuan melainkan kelangsungan hidup masyarakat,” kata Mika.

Penghargaan Pejuang Iklim Inspiratif diselenggarakan atas kerja sama Tempo Institute bekerja sama dengan Yayasan Madani Berkelanjutan, dan Pejuang Iklim.  (malukupost)

Pos terkait