Ini Penjelasan Plt. Kadis PUTR Malra Terkait Penggunaan Dana SMI

  • Whatsapp

Langgur, MalukuPost.com – Pelaksana tugas (Plt) Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang (PUTR) Kabupaten Maluku Tenggara (Malra) Herlin Priartha menjelaskan, secara teknis, dana pinjaman PT Sarana Multi Infrastruktur (Persero) dimasukkan dalam dokumen penggunaan anggaran Dinas PUTR Tahun Anggaran 2021.

Herlin mengungkapkan, selain PUTR, instansi (dinas) teknis lainnya yakni Dinas Lingkungan Hidup juga akan terlibat dalam pelaksanaan pekerjaan ruas jalan yang dibiayai dana SMI dimaksud.

“Sejumlah dinas teknis akan dilibatkan terkait penggunaan dana SMI. Persiapan-persiapan dokumen teknis tendernya adalah dinas PUTR (dari sisi perencanaannya), dan dinas Lingkungan Hidup,” ujarnya di Langur, Selasa (23/11/2021).

Herlin mengatakan, keterlibatan Dinas Lingkungan Hidup karena ruas-ruas jalan dalam paket pekerjaan dimaksud memerlukan dokumen izin UKL-UPL ((Upaya Pengelolaan Lingkungan Hidup dan Upaya Pemantauan Lingkungan Hidup) untuk bisa dibangun jalan baru.

Instansi teknis lainnya yang dilibatkan yakni Bagian Pengadaan Barang dan Jasa yang akan melaksanakan proses tender terhadap paket dimaksud.

Diungkapkannya, secara pemaketan, dana pinjaman Rp. 100 miliar tersebut dialokasikan untuk empat ruas jalan yaitu tiga di wilayah pulau Kei Besar yakni jalan hotmix ruas Sp. Elat-Weduar (Segmen Tamangil-Weduar Feer) yang diintervensi sepanjang 5,4 Km dengan biaya Rp. 19,9 miliar; Kemudian jalan Elat-Werka-Wetuar-Tamangil-Weduar Feer (Segmen Harangur/Karkarit) sebesar Rp. 15,9 miliar; Jalan Hotmix Ruas Sp. Ngurdu – Bombay – Ad – Ohoiraut, kurang lebih 14,9 Km sebesar Rp. 46,9 miliar. Sementara untuk di wilayah Kei Kecil yakni ruas jalan hotmix ruas Ohoidertawun Bawah – Ngiarwarat – Ohilir sebesar Rp. 14 miliar.

“Dari sisi perencanaan kami ambil dari sumber dana APBD, demikian pula dari sisi pengawasannya,” tandasnya.

 

Pos terkait