Pemda Dukung Upaya Penguatan Kapasitas Kelembagaan Partai Politik Di Malra

  • Whatsapp
Staf Ahli Bupati Bidang Kemasyarakatan dan SDM, Afan B. Ifat mewakili Bupati Malra pada PembukaanMuscam Partai Golkar Kabupaten Maluku Tenggara (Malra) di Langgur, Selasa (9/11/2021).

Langgur, MalukuPost.com – Pelaksanaan Musyawarah Kecamatan (Muscam) Partai Golongan Karya (Golkar) dinilai sangat penting sebagai upaya dan strategi kebijakan partai guna mengantisipasi fenomena perpolitikan lokal yang senantiasa terus berkembang dalam kehidupan politik.

Hal tersebut disampaikan Bupat Maluku Tenggara (Malra) M. Thaher Hanubun dalam sambutannya yang dibacakan Staf Ahli Bupati Bidang Kemasyarakatan dan SDM, Afan B. Ifat dalam pembukaan Muscam Partai Golkar Kabupaten Malra di Langgur, Selasa (9/11/2021).

Menurutnya, penting dan strategisnya pelaksanaan Muscab ini adalah sebagai upaya dari penataan kelembagaan yang disesuaikan dengan tuntutan perubahan kebijakan partai serta antisipasi fenomena perpolitikan lokal yang senantiasa berkembang dalam kehidupan politik.

Secara konstruktif, Muscam ini juga adalah merupakan suatu forum pertemuan pimpinan serta kader partai Golkar, yang didalamnya berlangsung sebuah proses musyawarah partai yang akan membahas restrukturisasi kepemimpinan partai, program dan kegiatan, termasuk didalamnya adalah evaluasi kinerja partai.

Keputusan-keputusan politik yang diambil dalam Muscam ini nantinya akan ditunggu implementasinya oleh masyarakat dan terutama konstituen partai Golkar sendiri, sebagai bagian dari akuntabilitas politik yang harus diwujudkan.

“Apapun substansi pembahasan dan keputusan yang diambil nantinya adalah sebuah kesatuan yang komprehensif dan integral yang tidak saling berpisah satu dengan yang lainnya,” tandasnya.

Dijelaskan Bupati Hanubun, dalam konteks perpolitikan nasional dan lokal, kita mengenal partai Golkar adalah partai besar, mengakar kuat di masyarakat serta memiliki struktur kepengurusan yang solid dan mapan dari tingkat pusat hingga daerah.

Seiring dengan perjalanan demokrasi bangsa, partai Golkar telah menunjukkan kiprahnya dan memberikan kontribusi besar terhadap pembangunan bangsa termasuk pembangunan dalam segala aspek di kabupaten Maluku Tenggara.

Kesemuanya itu didasarkan pada komitmen yang kuat dari seluruh jajaran partai Golkar untuk memajukan demokrasi.

“Sebagai pembina politik di daerah ini, dirinya agar komitmen, jati diri serta kerja keras yang telah ditunjukan tersebut, semakin dapat ditingkatkan dan dikembangkan dimasa yang akan datang,” katanya.

Diungkapkannya, kontestasi demokrasi tahun 2024 sudah semakin dekat, semoga partai Golkar dapat mempersiapkan kader-kader terbaik untuk lebih memperoleh kepercayaan masyarakat melalui penambahan jumlah suara dan kursi di parlemen nantinya.

“Saya juga mencatat bahwa sebagian besar jajaran partai Golkar kabupaten Malra diisi oleh kader-kader muda yang enerjik dan potensial, tentu ini akan menjadi kekuatan utama sekaligus pemicu utama semangat dan kekuatan partai, dimana lazimnya strategi politik lahir dari pemikiran segar kader-kader muda,” ungkapnya.

Bupati Hanubun menegaskan, pemerintah daerah sangat menyambut baik upaya penguatan kapasitas kelembagaan partai politik termasuk yang dilakukan oleh partai Golkar saat ini.

Selain itu, dalam berbagai kesempatan, Pemda terus mengingatkan bahwa agenda yang paling mendesak saat ini adalah pentingnya penguatan demokrasi di tingkat lokal.

Hal ini dilatarbelakangi oleh kecenderungan masyarakat kita yang belum menunjukkan sikap atau perilaku politik yang demokratis, dimana perbedaan-perbedaan ideologis belum secera intensif dapat diterima sebagai bagian dari sebuah kemajemukan, dan disisi lain, komunikasi politik dirasakan belum berlangsung secara efektif.

Kondisi ini tentunya sangat membutuhkan peran partai politik dan berbagai elemen lainnya dalam membangun perilaku politik masyarakat untuk meminimalisir potensi konflik yang mengarah pada disintegrasi sosial.

Dijelaskannya, penguatan demokrasi lokal tidak akan tercapai manakala perbedaan-perbedaan kepentingan politik yang ada saat ini tidak diramu dengan semangat kegotongroyongan.

Pada kesempatan itu pula, Bupati Hanubun meminta dukungan dari seluruh kader partai Golkar Malra agar dapat mengawal seluruh program dan kebijakan pemerinrtah daerah termasuk dukungan dalam hal akses terhadap percepatan pembangunan di Malra dengan kementerian terkait.

Menurutnya, akses dan keberpihakan memang sangat diperlukan, karena permasalahan mendasar di Malra baik kemiskinan, konektivitas, infrastruktur dan sektor pembangunan lainnya tidaklah mampu dan dapat diselesikan secara mandiri oleh pemerintah daerah, namun membutuhkan intervensi dari pemerintah pusat dan pengambil kebijakan lainnya.

Pos terkait