Pintu Ruangan Sekretaris KPU Aru Dibongkar Paksa Penyidik Polres

Dobo, MalukuPost.com – Pintu ruangan sekretaris KPU Kepulauan Aru, Agustinus Ruhulessin dibongkar paksa Penyidik Polres Kabupaten setempat, Jumat (12/11/2021) terkait dugaan penyalahgunaan dana Pilkada bupati dan wakil bupati 2020 khususnya tidak dibayarkan gaji PPK dan PPS satu bulan.

Berdasarkan pantauan, KBO Serse Ipda. F Frans dan Kanit Tipikor, Aipda. J Lasamang, memimpin langsung upaya pembongkaran paksa pintu ruangan sekretaris KPU yang disaksikan langsung oleh ketua KPU Kepulauan Aru, Mustafa Darakay, bendahara Evelin Urip dan beberapa staf.

Sejumlah dokumen disita dari ruangan sekretaris KPU oleh penyidik Polres Aru

Ipda. F Frans mengatakan, walaupun sudah ada surat pengeledahan dari Pengadilan Negeri Dobo, tapi tetap pihaknya melakukan koordinasi dengan ketua KPU Kepulauan Aru.

“Upaya bongkar paksa pintu ruangan sekretaris merupakan perintah undang-undang dan dilakukan guna menindaklanjuti proses pemeriksaan penyidikan, karena dokumen yang dibutuhkan dalam proses penyidikan ini diduga banyak berada dalam ruangan tersebut,” ungkapnya.

Frans menambahkan, guna mempercepat proses penyidikan oleh penyidik selanjutnya, maka terpaksa pihaknya menempuh upaya paksa guna membongkar pintu ruangan tersebut.

Sementara itu, berdasarkan pantauan Siwalima di kantor KPU Kepulauan Aru, terlihat sejumlah dokumen diangkut/diambil oleh penyidik dari ruangan sekretaris.

Sebelumnya, kamis (11/11/2021) Polres Aru telah menyegel dan memasang police line pada ruangan sekretaris KPU Aru, Agustinus Ruhulessin.

Pos terkait