Kasal: Peringatan Hari Armada 2021 Wujud Pelestarian Nilai Sejarah

Saumlaki, MalukuPost.com – Kepala Staf TNI Angkatan Laut (KASAL) Laksamana TNI Yudo Margono menyatakan, peringatan hari Armada 2021 merupakan wujud dari upaya pelestarian nilai-nilai kejuangan yang telah diwariskan oleh para pendahulu dalam pengabdiannya untuk melahirkan dan membesarkan Armada RI.

Pernyataan KASAL ini dibacakan oleh Komandan Pangkalan TNI AL (danlanal) Saumlaki, Letkol Laut (P) Ridwan Rizky Musa dalam upacara hari Armada 2021 yang digelar di lapangan upacara Mako Lanal Saumlaki, Senin (6/12/2021).

Menurutnya, keteladanan dari para sesepuh ini harus lah menjadi pegangan bagi kita generasi penerus saat ini dan di masa mendatang. Olehnya itu, Armada RI harus mampu menunjukkan kekuatan yang akan menggetarkan lawan maupun kawan, terlebih pihak-pihak yang berniat untuk merongrong kedaulatan dan mengganggu kepentingan negara di laut.

“Satu yard-pun tidak akan kita mundur, karena tidak ada tawar menawar untuk urusan menyangkut kedaulatan dan kehormatan bangsa. Prinsip ini harus kita pegang teguh selamanya, meskipun nyawa yang menjadi taruhannya,” lanjut KASAL dalam sambutannya.

Dijelaskan Kasal, sagai prajurit Jalasena, Armada RI harus siap setiap saat dalam menjalankan amanat rakyat untuk menjaga lautan nusantara, karena prajurit Jalasena adalah tulang punggung kembalinya kejayaan Maritim Indonesia. Sembari mengutip pernyataan Presiden Soekarno dalam pidatonya bahwa : “Bangsa Indonesia tidak bisa menjadi bangsa yang kuat, tidak bisa menjadi negara yang kuat, jika tidak menguasai samudera, jikalau tidak kembali menjadi bangsa maritim”. Oleh Karena itu, bila ingin menjadikan negara Indonesia menjadi negara yang kuat, Armada RI harus mampu mengawal dan melindungi setiap yard lautan Nusantara.

“Cintai Armada ini, rawatlah kapal-kapal kalian dengan penuh rasa bangga karena mereka adalah kuda-kuda perang yang akan membawamu menggulung lawan bagaikan badai di lautan. Isi diri dengan berlatih berlatih dan berlatih, buktikan kepada rakyat Indonesia bahwa kalian layak menyandang predikat sebagai ksatria perkasa di tengah samudera atau Ghora Vira Madya Jala,” pungkasnya.

Sekedar diketahui, Hari Armada yang digelar tahun 2021 mengusung tema : Armada RI Ksatria Pengawal Samudera Untuk Indonesia Tumbuh Indonesia Maju”.

Di Lanal Saumlaki, upacara diselenggarakan dengan tetap menerapkan protokol kesehatan Covid-19, seperti menjaga jarak fisik antar pasukan upacara dan mewajibkan seluruh peserta upacara menggunakan masker. Kegiatan dilanjutkan dengan potong tumpeng.

Menurut Danlanal, hal tersebut dilaksanakan sebagai bentuk rasa syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa atas segala pencapaian prestasi yang telah diraih TNI Angkatan Laut khususnya Lanal Saumlaki.

Potong tumpeng dalam rangka peringatan hari Armada RI tahun 2021 di Lanal Saumlaki diawali oleh Komandan Gugus Tempur Laut (Danguspurla) Koarmada III Laksamana Pertama TNI Ashari Alamsyah, kemudian potongan tumpeng diberikan kepada prajurit termuda Lanal Saumlaki Kld Jas Chairul W. Alam.

Kedatangan Danguspurla Koarmada III di Kepulauan Tanimbar tersebut dalam rangka Operasi Garda Tirta – 21 tahap IV menggunakan Kapal Perang RI (KRI) Tarakan – 905 dengan Komandan KRI Letkol Laut (P) Cokorda Gede Parta Pemayun, dibawah kendali Operasi Gugus Tempur Laut Komando Armada III untuk melaksanakan patroli laut guna memastikan keamanan laut di wilayah Koarmada III, khususnya sepanjang perbatasan Indonesia – Australia dan Indonesia – RDTL dalam keadaan aman.

Pos terkait