Wakil Walikota Tual Terima DIPA dan TKDD TA 2022

  • Whatsapp

Tual, Malukupost.com – Wakil Walikota Tual Usman Tamnge, menerima Daftar Isian Pelaksanaan Anggaran (DIPA) serta alokasi Transfer ke Daerah dan Dana Desa (TKDD) tahun anggaran (TA) 2022 di lantai 7 Kantor Gubernur, Jumat, (03/12/2021).

Berdasarkan data dan informasi yang dihimpun Malukupost.com Tual, penyerahan DIPA dan TKDD TA 2022 tersebut, diserahkan Gubernur Provinsi Maluku Murad Ismail,

Tak hanya Wakil Walikota Tual, yang menerima DIPA dan alokasi TKDD TA 2022 tersebut, tetapi Kabupaten/Kota serta Satuan Kerja di Provinsi Maluku.

Untuk itu Gubernur Maluku dalam sambutannya mengatakan, kegiatan penyerahan ini merupakan tindak lanjut dari acara penyerahan Dipa dan TKDD,

Secara Nasional oleh Presiden Joko Widodo kepada seluruh menteri, gubernur dan pimpinan lembaga non-kementerian, yang berlangsung secara virtual di Istana Negara, Senin (29/11/2021).

“Penyerahan kita lakukan pada awal bulan Desember 2021, dengan tujuan agar proses perencanaan pelelangan, pelaksanaan dan pencairan anggaran,

Dilaksanakan lebih cepat sehingga dapat memberikan langkah nyata, serta manfaat kepada seluruh masyarakat di Maluku,” ujar Murad di Ambon

Menurutnya, evaluasi atas kinerja tahun sebelumnya harus dijawab dengan akselerasi pencapaian target kinerja, melalui langkah inovatif dan kreatif dalam Tahun 2022 mendatang.

Lanjut Murad, disamping itu, harus tetap berikhtiar karena di tahun 2022, pandemi Covid-19 masih menjadi ancaman yang harus menambah kewaspadaan.

Dijelaskan, berdasarkan laporan Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Perbendaharaan Provinsi Maluku, di Tahun 2022 Maluku mendapatkan alokasi dana transfer ke daerah dan dana Desa sebesar 11,87 triliun.

Murad lebih lanjut, dengan rincian, transfer ke daerah sebesar 10, 87 triliun dan dana Desa sebesar 1,00 triliun. Alokasi ini menurun kurang lebih 7 persen dari tahun 2021 sebesar 12,88 triliun rupiah.

“Alokasi belanja satuan kerja vertikal dan organisasi perangkat daerah turun kurang lebih 12 persen atau sebesar 8,14 triliun. Jika dibandingkan dengan tahun 2021 sebesar 9,29 triliun,” jelasnya.

Pos terkait