Dukung Layanan Komunikasi, Sembilan Menara Dibangun Diskominfo Malra Tahun 2021

Langgur, MalukuPost.com – Sebanyak sembilan menara dibangun oleh Dinas Komunikasi dan Informasi (Kominfo) Maluku Tenggara (Malra).

Kepada MalukuPost.com di Langgur, Senin (18/7/2022), Kadis Kominfo setempat Antonius mengungkapkan, sembilan menara tersebut terdiri dari empat Menara Reguler dan lima Menara Non 3T.

“Dalam rapat pertanggugjawaban APBD untuk Diskominfo kepada Komisi III DPRD, saya sudah sampaikan bahwa dari sembilan menara tersebut enam diantaranya sudah beroperasi. Sementara tiga menara lainnya masih dalam proses pembangunan,” ungkap Raharusun.

Dijelaskannya, pada Kecamatan Kei Besar Selatan Barat tepatnya ohoi (desa) Ngafan dan lokasi ohoi Ohoiwait di Kecamatan Kei Besar, masing-masing telah dibangun menara Reguler Telkomsel.

“Sementara untuk ohoi Ur Pulau dan Tanimbar Kei di Kecamatan Kei Kecil Barat, sementara dibangun tipe menara yang sama juga,” ujarnya.

Selain itu, Diskominfo Malra telah membangun menara Non 3T  yang berlokasi pada ohoi Ohoinol-Marfun (Kecamatan Kei Kecil Timur), Elaar Ngursoin (Kecamatan Kei Kecil Timur Selatan) dan Warbal (Kecamatan Kei Kecil Barat).

“Di Kecamatan Kei Kecil Barat tepatnya ohoi Ohoidertutu juga saat ini sementara dibangun menara Non 3T. Sehingga totalnya ada enam menara yang sudah dibangun dan tiga masih dalam proses pekerjaan,” tandas Raharusun.

Mantan Kabag Humas dan Protokoler tersebut menegaskan, kondisi jaringan internet 4G di Kabupaten Malra telah mencapai 87 %.

“Kalau diakumulasi per wilayah, maka layananan jaringan 4G di pulau Kei Kecil sudah mencapai 93 persen, sementara untuk pulau Kei Besar 76 persen,” pungkasnya.

Pos terkait