Dispar Malra Terus Berupaya Meningkatkan SDM Pariwisata

Langgur, MalukuPost.com – Dalam upaya meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) pariwisata, Dinas Pariwisata (Dispar) Kabupaten Maluku Tenggara (Malra) mengggelar Pelatihan Pengembangan Kompetensi SDM Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Ekraf) Tingkat Dasar di Langgur, Rabu (3/8/2022).

Kegiatan yang dijadwalkan berlangsung selama tiga hari tersebut, dibuka oleh Asisten III Bidang Administrasi Umum setempat, Martinus Mon.

Bupati Hanubun dalam sambutannya mengungkapkan, kunjungan wisatawan (termasuk wisatwan manca negara) ke Malra dalam dua tahun terakhir menurun drastis akibat pandemi.

Olehnya itu, ia meminta Dispar Malra melaksanakan berbagai kegiatan dan pelatihan dalam rangka menyiapkan SDM Pariwisata, agar nantinya Malra bisa lebih siap menerima wisatawan.

“Aktivitas pariiwisata saat ini mulai berangsur normal. Pekan lalu, sudah ada kegiatan Wonderful Sail di Ohoi Danar, Kecamatan Kei Kecil Timur Selatan,” tandas Hanubun dalam sambutannya.

Diharapkan melalui kegiatan ini, dapat menciptakan kelompok kreatif yang tangguh, mandiri, dan berdaya saing.

Bupati juga meminta seluruh instansi pemerintah dan masyarakat untuk bersinergi membangun pariwisata Malra.

Dietahui, sebanyak 35 orang peserta yang terdiri dari unsur kelompok sadar wisata (Pokdarwis), siswa, guru dan kepala sekolah, mahasiswa, dosen, dan pelaku pariwisata lainnya turut serta dalam pelatihan dimaksud.

Selain dibekali teori, para seserta pun melakukan praktek membuat produk kerajinan dengan bahan baku lokal, hingga pemasaran hasil produksi.

Pos terkait