Intens Perangi Stunting, Pemkab Malra Sabet Juara I PKAKS Se-Maluku

Tim Percepatan Penurunan Stunting (TPPS) Kabupaten Maluku Tenggara (Malra) dipimpin Sekda A. Yani Rahawarin.

Langgur, MalukuPost.com – Tim Percepatan Penurunan Stunting (TPPS) Kabupaten Maluku Tenggara (Malra) meraih juara pertama Penilaian Kinerja Aksi Konvergensi Stunting (PKAKS) 2021.

Sesuai press release Dinas Kominfo yang diterima MalukuPost.com, Kamis (4/8/2022) menyebutkan, kepastian Pemkab Malra meraih juara pertama tersebut setelah dilakukan Penilaian Kinerja (PK) Tim Konvergensi Stunting atau TPPS.

Dalam kegiatan yang dibuka oleh Duta Parenting Maluku Widya Pratiwi Murad selama dua hari (2-3 Agustus) tersebut, Pemkab Malra raih juara pertama dalam Penilaian 8 Aksi Kinerja Konvergensi Percepatan Penurunan Stunting di Provinsi Maluku Tahun 2021.

Penilaian tersebut berlaku di setiap provinsi di Indonesia dan bersifat wajib dilaksanakan PK terhadap pelaksanaan Aksi Konvergensi Stunting di kabupaten/kota.

Dengan prestasi tersebut, TPPS Malra yang dipimpin Sekda A. Yani Rahawarin berhasil menyingkirkan Kota Ambon yang menempati urutan kedua, disusul Kabupaten Seram Bagian Barat pada urutan ketiga

Selain itu, apresiasi pun diberikan Pemkab Malra atas capaian penginputan E-PPGM selama 3 tahun selalu diatas 80 persen, yang berarti prevelensi stuntingnya masuk dalam kategori valid.

“Alhamdulillah di tahun 2020-2021, Malra mampu secara tuntas berhasil melaksanakan seluruh aksi konvergensi, ungkap Bupati Malra M. Thaher Hanubun yang turut hadir dalam kegiatan dimaksud.

Sementara itu, Kepala Bidang Pemerintahan dan Pembangunan Manusia Bappelitbanda Kabupaten Malra Joseph Dumatubun mengatakan, tugas tim konvergensi adalah melaksanakan 8 aksi konvergensi.

Aksi-aksi konvergensi tersebut diantaranya analisis situasi, rencana kegiatan penanggung jawab Bappelitbangda, rembuk stunting, peraturan peran desa, pembinaan KPM dan pembentukan KPM di tingkat desa, sistem manajemen data, pengukuran dan publikasi secara rutin dan review kinerja tahunan.

Untuk diketahui, sebelumnya Pemkab Malra juga berhasil meraih penghargaan sebagai Kabupaten Dengan Peringkat Terbaik Pertama Dalam 8 Aksi Konvergensi Tahun 2020.

Keberhasilan ini tidak lepas dari inovasi-inovasi yang terus dilakukan oleh Tim Konvergensi Malra.

Pos terkait