BPN Kabupaten SBT Target Sertifikatkan 900 Bidang Tanah

sertifikat tanah 43

Bula, MalukuPost.com – Kepala Badan Pertanahan Nasional (BPN) Kabupaten SBT, Ruri Irawan , menargetkan akan mengeluarkan sertifikat tanah sebanyak 900 bidang tanah di tahun 2023, sesuai arahan pemerintah pusat.

“Hal ini dikarenakan masih banyaknya tanah yang belum bersertifikat,” katanya, Sabtu, (4/2/2023).

Menurutnya, ratusan surat tanah yang akan ditingkatkan menjadi sertifikat oleh BPN tersebut merupakan program Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) dari pemerintah pusat guna memberikan kepastian akan kepemilikan tanah oleh masyarakat, yang bertujuan untuk menambah wawasan masyarakat mengenai batas tanah.

“Lambatnya proses pembuatan sertifikat tanah selama ini menjadi perhatian pemerintah, sehingga melalui Kementerian ATR/BPN diluncurkannya program prioritas nasional yang berupa percepatan pendaftaran tanah sistematis lengkap tersebut,” ujar Irawan.

Ia menerangkan, program PTSL di Kabupaten SBT, bahkan telah ditindaklanjuti dengan pencanangan Gerakan Masyarakat Pemasangan Tanda Batas (GEMAPATS), yang dimulai dari Desa Dihil, Kecamatan Siwalalat, beberapa waktu lalu. GEMAPATAS merupakan kegiatan pencanangan 1 juta patok tanda batas bidang tanah secara serentak se-Indonesia. Gerakan ini merupakan program Kementerian ATR/BPN.

“Desa Dihil, kita target yang tersertifikat 500 bidang tanah. Kita berharap, dukungan masyarakat sehingga program ini bisa berjalan dengan baik,” harapnya.

Pos terkait