Kota Tual Tertinggi Dalam Upaya Pencegahan Korupsi Di Maluku

IMG 20230403 130743 788x354 1Tual, MalukuPost.com – Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) RI melalui Tim Satgas Koordinasi dan Supervisi Wilayah V mengakui bahwa Kota Tual pada tahun 2022 tertinggi di wilayah Maluku untuk pencegahan korupsi.

Hal tersebut disampaikan Kepala Satgas Korsup Wilayah V, Dian Patria disela-sela rapat koordinasi bersama Pemerintah Kota Tual dalam rangka menyampaikan hasil evaluasi Monitoring Centre Prevention (MCP) untuk Kota Tual Tahun 2022, Senin (3/4/2024).

Kegiatan rakor ini dihadiri oleh Sekda Kota Tual, A. Yani Renuat, unsur DPRD Kota Tual, Para OPD lingkungan Pemkot Tual, para camat, Kepala Desa dan sejumlah kantor vertikal yang di Kota Tual.

”Kalau Kota Tual itu secara pencegahan MCP itu terbaik dan tertinggi di Maluku bahkan di Indonesia secara Nasional itu urut 34 (tiga puluh empat),“ tuturnya.

Patria mengungkapkan, terkait pencegahan korupsi, sejak tahun 2021 Kota Tual juga dinilai tertinggi. Capaian MCP Tahun 2022 meningkat sehingga capaian 95,26 persen dibandingkan tahun sebelumnya.

Dijelaskan Patria, yang dinilai antara lain, perencanaan dan penganggaran APBD, BPJ, Perizinan, Pengawasan APIP, Optimalisasi Pajak Daerah, Manejemen Aset Daerah dan Tata Kelola Keuangan Desa.

”Semoga Kota Tual tetap mempertahankan capaian ini, dan diharapkan kedepan lebih baik lagi. Jangan sampai ada udang dibalik batu, didepan bagus tapi dibelakang masih ada kekurangan lah,“ tandasnya.

Diketahui, capaian yang diperoleh Kota Tual ini merupakan komitmen Kepala Daerah (Wali Kota dan Wakil Wali Kota) dalam rangka pencegahan terjadi korupsi di lingkup Pemkot Tual.

“Ini karena komitmen pimpinan, dan tanpa komitmen semua ini tidak jalan,” pungkasnya.

Pos terkait