Danlamtamal Jamin Maluku Aman Bagi Investasi Perikanan

  • Whatsapp

Ambon, malukupost.com – Komandan Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut wilayah IX Ambon, Kolonel laut Nurhidayat menjamin wilayah Maluku sangat aman bagi para pemilik modal yang berminat menanamkan investasi bidang kelautan dan perikanan di daerah ini.

“Di sini tempat paling aman dan nyaman bagi para pengusaha jadi kita sangat mendukung,” kata Nurhidayat di Ambon, Kamis (19/3).

Kehadiran investor bidang kelautan dan perikanan sangat strategis dalam mendukung program Maluku sebagai lumbung ikan nasional dan ditetapkannya pelabuhan Ambon sebagai salah satu pintu masuk dari program tol laut nasional oleh pemerintah.

Nurhidayat mengatakan, tentunya akan banyak armada kapal yang datang ke sini dengan intensitas mobilisasi penumpang dan barang dalam jumlah besar.

“Tidak mungkin kalau kapal yang merapat di pelabuhan Ambon keluar dalam keadaan kosong, dan minimal ada muatan yang dibawa berupa hasil-hasil perikanan baik yang masih mentah atau sudah diolah dalam bentuk makanan siap saji,” katanya.

Dia mengatakan sebagai daerah lumbung ikan nasional, Ambon perlu memiliki pelabuhan perikanan yang fungsinya menampung ikan-ikan hasil tangkapan agar bisa dibeli dan diangkut oleh setiap kapal yang masuk.

“Di sini harus ada pelabuhan ikan sekaligus pengemasan ikan, apakah masih mentah atau sudah matang dan siap saji karena lumbung ikan nasional menampung hasil perikanan,” ujar Nurhidayat.

Jadi selain peranan pemerintah, kehadiran investor juga sangat diperlukan dalam membangun berbagai infrastruktur seperti itu guna mewujudkan program LIN dan menjadi komoditi andalan yang diangkut setiap kapal yang merapat di sini. (ant/MP)

Pos terkait