Raja Soya Klarifikasi Jumlah Uang Hilang

Ambon, Maluku Post.com – Raja Negeri Soya John R Rehatta mengklarifikasi jumlah uang negeri yang dikabarkan hilang dari brankas di Kantor Desa Soya berjumlah 63 juta rupiah tetapi hanya 32 juta rupiah.

“Tidak benar itu kalau uang yang hilang dari brankas kantor negeri Soya sebesar 63 juta rupiah. Yang benar uang yang hilang itu jumlahnya 32 juta rupiah saja, “ ujar Rehatta via telepon selulernya di Ambon, Selasa (23/6).

Terhadap kasus hilangnya uang milik negeri tersebut, ia telah berketetapan hati untuk tidak melaporkannya ke pihak kepolisian untuk diusut. Padahal ada desakan dari warga negeri Soya agar masalah ini dilaporkan ke pihak yang berwajib.

 “Tidak perlu kasus ini dilaporkan ke Polisi, karena saya telah memanggil pemimpin umat di Negeri Soya untuk berdoa terkait kehilangan tersebut. jadi tidak perlu lagi kasus ini dilaporkan ke polisi,” jelasnya.

Dalam kasus hilangnya uang milik negeri Soya beberapa waktu lalu, warga berkehendak agar dilaporkan ke pihak yang berwajib agar ada transparansi dan penanganan secara hukum.

Beberapa warga masyarakat negeri Soya kepada wartawan di Ambon Selasa (23/6) mengungkapkan, kasus hilangnya uang milik negeri Soya sebesar 63 juta rupiah ini baru diketahui saat pertemuan antara Raja Negeri Soya dengan saniri Negeri Soya pada 14 Juni 2015 lalu.

“Saat pertemuan tersebut Raja Soya mengakui ada uang negeri sebesar Rp.63 juta yang disimpan di Brankas kantor desa hilang. Dan beberapa saniri negeri Soya meminta agar kasus tersebut di laporkan ke Polisi guna diselidiki, “ ujar salah satu warga Soya yang meminta namanya tidak dipublikasikan.

Namun saat itu Raja Negeri Soya, Jhon.R.Rehatta menegaskan kasus tersebut tidak perlu dilaporkan ke polisi untuk diselidiki lantaran kehilangan tersebut tidak diketahui kapan terjadi.

Dijelaskan, peristiwa hilangnya uang sebesar 63 juta rupiah milik Negeri Soya ini, diketahui pertama kali oleh Sekretaris Negeri Soya, Brury Pesulima.

Saat itu Pesulima hendak masuk ke kantor desa untuk bekerja, namun pintu kantor negeri Soya terkunci. Sehingga Pesulima langsung menemui Raja Negeri Soya guna meminjam kunci untuk membuka pintu kantor.

Raja Negeri Soya memberikan kunci pintu kantor serta kunci brankas yang ada dalam kantor negeri. Saat Pesulima membuka brankas tersebut, ia terkejut lantaran uang negeri sebesar 63 juta rupiah telah hilang dari dalam amplop. (***)

Pos terkait