“Si Kembang Paris” Kontrol Pendidikan Anak Didik PAUD di Malra

  • Whatsapp
Langgur, Malukupost.com - Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Maluku Tenggara (Malra) menggelar kegiatan sosialisasi aplikasi “Si Kembang Paris” (Sistem Pelaporan Perkembangan Anak Didik PAUD) berbasis aplikasi website dalam rangka meningkatkan sistem pelaporan perkembangan anak didik.    Sosialisasi tersebut dilaksanakan bertepatan dengan pelantikan Bunda PAUD Kecamatan oleh Ibu Eva E. Hanubun selaku Bunda PAUD Kabupaten Malra, pekan lalu.

Langgur, Malukupost.com – Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Maluku Tenggara (Malra) menggelar kegiatan sosialisasi aplikasi “Si Kembang Paris” (Sistem Pelaporan Perkembangan Anak Didik PAUD) berbasis aplikasi website dalam rangka meningkatkan sistem pelaporan perkembangan anak didik.

Sosialisasi tersebut dilaksanakan bertepatan dengan pelantikan Bunda PAUD Kecamatan oleh Ibu Eva E. Hanubun selaku Bunda PAUD Kabupaten Malra, pekan lalu.

Kepada media ini di Langgur, Minggu (15/12), Jaqualine Juliana Salawaney, S.Psi.,M.Psi selaku reformer (pembaru) aplikasi “Si Kembang Paris” mengatakan aplikasi tersebut didesain untuk meningkatkan sistem pelaporan pendidikan anak didik pada tingkat PAUD.

“Aplikasi ini dibuat terkait dengan peningkatan anak usia dini di kabupaten Malra, karena selama ini sistem pelaporan perkembangan anak didik PAUD masih bersifat manual,” ujarnya.

Dijelaskan Salawaney, untuk penerapannya aplikasi itu disosialisasikan kepada seluruh lembaga PAUD di Malra, sedangkan untuk para orang tua akan disosialisasikan pada kegiatan pendidikan keluarga. Selain itu, dirinya memilki ide (inovasi) yaitu membuat sistem pelaporan perkembangan anak didik PAUD berbasis aplikasi website, dimana aplikasi ini juga nantinya bisa terhubung (conect) langsung melalui handphone (android).

“Tujuan dari sosilisasi aplikasi ini yakni, pertama memperkenalkan Aplikasi Si kembang Paris kepada seluruh masyarakat Malra, baik pemerintah, organisasi-organisasi, kelompok pemerhati PAUD, satuan pendidikan Usia Dini, maupun masyarakat luas. Yang kedua untuk memberikan informasi tentang cara mengetahui laporan perkembangan anak didik PAUD dan informasi PAUD di Malra secara cepat dan mudah dengan menggunakan HP Android karena aplikasi bersifat Online,” katanya.

“yang Ketiga yakni mempererat hubungan kemitraan dengan para stakeholder Eksternal yang menangani prorgam PAUD dalam hal mendukung kegiatan PAUD di Malra. Dan yang keempat adalah Satuan PAUD dapat dengan mudah mengakses infomasi PAUD dan dapat memudahkan  lembaga-lembaga PAUD untuk mempromosikan prestasi yang mereka dapatkan,” katanya lagi.

Salawaney menambahkan, sasaran utama yakni para pimpinan OPD sebagai stakeholder eksternal dalam penangananan PAUD di Maluku Tenggara, para Bunda PAUD pada 11 Kecamatan, Pengawas TK/ PAUD, para Ketua  PKG PAUD, para Ketua Gugus PAUD, para kepala sekolah TK dan Pengelola Kelompok Bermain, Satuan PAUD Sejenis serta para pendidik PAUD se kabupaten Malra.

“Melalui sosialisasi Aplikasi Si Kembang Paris ini dapat meningkatkan kinerja para pendidik dan pengelola PAUD terkait dengan sistem pelaporan perkembangan anak didik,” harapnya.

(MP-15)

Pos terkait