Malirmasele: Perombakan Aparatur Desa Sifnana Menyalahi Aturan

  • Whatsapp

Saumlaki, Malukupost.com – Sekretaris Desa (Sekdes) Sifnana, Kaitanus Malirmasele menyatakan, Kepala desa Sifnana Stanislaus Sesermudi telah keliru dalam melakukan perombakan aparatur desa karena tidak sesuai dengan prosedur dan menyalahi ketentuan perundang-undangan yang berlaku.

“Saya menganggap kepala desa tidak mampu melihat situasi dan kondisi yang ada dalam lingkup pemerintah desa Sifnana. Ada masalah internal dan sudah diselesaikan oleh Asisten 1 Setda Kabupaten Kepulauan Tanimbar pada bulan Desember lalu, namun setelah masuk libur, surat pemberhentian disalurkan kepada seluruh staf desa bersama Sekdes sendiri dan itu tidak melalui prosedur,” ungkapnya di Saumlaki, Minggu (2/2/2020).

Dijelaskan Malirmasele, kades memiliki kewenangan untuk mengangkat dan memberhentikan aparatur desa, namun harus sesuai dengan prosedur yakni sebagaimana diatur dalam Undang-Undang no 6 tahun 2014 pasal 53 dan Permendagri no 87 pasal 5 ayat 1 dan 6 tentang pengangkatan dan pemberhentian aparatur desa.

“Kesalahan yang lain adalah proses pemberhentian dan pengangkatan perangkat desa juga tidak diketahui oleh pemerintah kecamatan Tanimbar Selatan,” ujarnya.

Diungkapkan Malirmasele, dirinya ditetapkan sebagai Sekdes dan telah bekerja namun dalam pemberhentian para perangkat desa ini, dirinya ikut dipindahkan menjadi Kepala Seksi atau Kepala Urusan Umum. Bahkan perubahan ini tidak diketahui oleh pemerintah kecamatan Tanimbar Selatan, sehingga hanya mengakui dirinya sebagai Sekdes.

“Saya dan seluruh staf yang diberhentikan akan melakukan gebrakan. Kami akan menuntut kepala desa atas dasar semenah-mena memberhentikan seluruh aparatur desa tanpa ada koordinasi dengan pihak kecamatan dan staf desa sendiri,” tegasnya.

Malirmesse menambahkan, tentang dugaan penyalahgunaan keuangan yang turut menyeret namanya ke Kejaksaan, Sekdes mengaku siap untuk memberikan keterangan jika dipanggil.

“Saya akan menuntut balik sejumlah pelapor yang telah menuduh saya menerima setoran dana,” pungkasnya.

Berita Sebelumnya : Ini Penyebab Perangkat Desa Sifnana Dirombak

Pos terkait