Kondisi Tiga Pasien Diduga Terinfeksi Corona Di Ambon Membaik

  • Whatsapp

Ambon, Malukupost.com – Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Maluku, Meykal Pontoh menyatakan kondisi tiga pasien diduga terinveksi Corona (Covid-19), yang sementara dirawat di RSUD dr. M Haulussy Ambon sudah semakin membaik.

“Kondisi tiga pasien saat ini semakin membaik, gejala yang mengarah ke Covid-19 menghilang, makanya dari segi kesehatan menurunkan statusnya dari Pasien Dalam Pengawasan (PDP) kini menjadi Orang Dalam Pemantauan (ODP),”ujarnya di Ambon, kamis (19/03).

Kadis Kesehatan Provinsi Maluku, Meykal Pontoh

Dijelaskan Pontoh, tiga pasien yang dirawat merupakan satu warga bekasi dan dua WNA asal Jepang. Sedangkan satu orang lainnya di rumah tetapi dalam pengawasan ketat puskesmas. Selain itu hasil uji spesimen warga bekasi sudah dikirim ke Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan (Balitbangkes) Kementerian Kesehatan dan masih menunggu hasilnya.

“Sampai hari ini belum ada hasil uji sampel. Mungkin besok sudah ada,”tandasnya.

Pontoh menambahkan, spesimen dua WNA asal Japan yang sebelumnya ditolak oleh dua perusahaan penerbangan, sudah dikirim setelah melengkapi beberapa persyaratan oleh perusahaan penerbangan.

“Jadi sampai hari ini yang kita sudah ambil spesimen warga bekasi hasilnya belum ada, karena di litbang kesehatan ada antri ribuan spesimen. Sedangkan 2 WNA spesimennya baru dikirim tadi sore (kemarin). kedua WNA itu sebelumnga dirawat di puskesmas ternyata positif Demam Berdarah (DBD),” katanya

“Walaupun demikian kita tetap melakukan uji spesimen, kalau hasilnya seperti apa. Kalau ternyata dia negatif, pasien dipulangkan, dia tidak ditahan, tetapi jika hasilnya positif maka dilanjutkan dengan pemeriksaan epidemologi. Siapapun yang bersentuhan dengan dia akan di data, Hasilnya uji lab itu baru bisa diketahui 3 -4 hari kedepan,” katanya lagi.

Pos terkait