Operasi Patroli Blok, Bukti Perhatian Polri-TNI Demi Keamanan Masyarakat

  • Whatsapp
Patroli Blok TNI/Polri
Wakil Walikota Tual, Usman Tamnge, SE (tengah), Kapolres Malra, AKBP Alfaris Pattiwael, S.IK.MH (kiri) dan Dandim 1503 Tual, Letkol Infanteri La Ode Muhammad Sabaruddin (kanan), saat pelaksanaan Operasi Gabungan Patroli Blok di wilayah Un dan Taar, Kota Tual. Kamis (19/3/2020)

Langgur, Malukupost.com – Operasi Patroli Blok yang dilaksanakan oleh Kepolisian Resor Maluku Tenggara (Polres Malra) dan Komando Distrik Militer (Kodim) 1503 Tual, untuk menciptakan keamanan dan kenyamanan bagi warga masyarakat di Kota Tual dan Kabupaten Malra.

“Dalam komposisi tugas dan fungsi masing-masing, sebagai wakil pimpinan pemerintahan di daerah ini, saya akan tetap mendukung setiap kebijakan program TNI/Polri,” ujar Wakil Walikota (Wawali) Tual, Usman Tamnge, saat mengikuti Apel Gabungan Polri/TNI di Mapolres setempat, Kamis (19/3/2020).

Wawali Tamnge mengatakan, kesejahteraan masyarakat akan dapat terpenuhi, apabila situasi keamanan dan kenyamanan di tengah warga selalu terjamin.

“Seandainya situasi Kota Tual dalam keadaan tidak kondusif, apakah masyarakat bisa menikmati kesejahteraan ? Tentunya tidak. Alhamdulilah, berkat pengamanan dari TNI/Polri, Kamtibmas di daerah ini sudah sangat kondusif,” imbuhnya.

Pemkot Tual menyampaikan apresiasi dan terima kasih kepada seluruh jajaran TNI/Polri, karena semenjak konflik yang terjadi beberapa waktu di wilayah Kota Tual sampai dengan saat saat ini, TNI/Polri telah melakukan pengamanan ekstra bagi terciptanya Kota Tual yang aman dan damai.

“Saya menghimbau kepada masyarakat agar senantiasa bersama Pemkot dan TNI/Polri, bersama-sama menjaga stabilitas keamanan di bumi Maren ini,” ujarnya.

Di tempat yang sama Kapolres Malra, AKBP Alfaris Pattiwael mengungkapkan, situasi kamtibmas pasca rekonsiliasi sangatlah kondusif. Namun, pihaknya perlu memberikan jaminan keamanan terus-menerus untuk menciptakan kenyamanan bagi warga melalui patroli ini.

“Semua ini kami lakukan agar memastikan aktivitas warga daapat berjalan aman, damai, tenang dan tentram,” ujarnya.

Dikatakan Kapolres Pattiwael, dalam pelaksanaan patroli ini, apabila ditemukan ada warga mengkonsumsi miras ataupun membawa senjata tajam (sajam), maka pihaknya tidak akan segan-segan mengambil tindakan tegas.

“Hal ini perlu dilakukan agar warga bisa hidup dengan aman dan nyaman. Selain itu, operasi ini juga dapat meminimalisir tindakan oknum-oknum yang sengaja mau terus memperkeruh suasana,” tukasnya.

Untuk itu, dirinya berharap semua masyarakat Kei mengutamakan semangat persaudaraan dan hilangkan perbedaan, karena semua masayarakat yang ada di Kei ini adalah bersaudara, sehingga kedamaian di daerah ini senantiasa tercipta dan terpelihara.

Sementara itu, Dandim 1503 Tual, Letkol Infanteri La Ode Muhammad Sabaruddin menegaskan, operasi patroli gabungan ini akan terus dilaksanakan secara rutin.

“Sebagai abdi negara, kami akan selalu berupaya menciptakan kedamaian di negeri ini, baik Kota Tual ataupun Maluku Tenggara,” tuturnya.

Sebagai pimpinan TNI di daerah ini, Kodim 1503 Tual telah berkomitmen akan terus membangun sinergitas dan mendukung setiap program Kepolisian dan Pemerintah Kota/Kabupaten di Kepulauan Kei. (MP-15)

Pos terkait