BRI Cabang Tual Mulai Menyalurkan BLT APBD Pemkot Tual

  • Whatsapp
Pimpinan BRI Cabang Tual, Johanes Alfred Simanjuntak.

Langgur, Malukupost.com – Bantuan Langsung Tunai (BLT) yang bersumber dari APBD Kota Tual disalurkan melalui Bank Rakyat Indonesia (BRI) Cabang Tual.

Informasi yang dihimpun media ini, BLT tersebut mulai disalurkan kepada warga penerima yang ditandai dengan penyerahan secara simbolis oleh Walikota dan Wakil Walikota Tual, Rabu (20/5/2020).

Kepada media ini di Langgur, Kamis (21/5/2020), pimpinan BRI Cabang Tual, Johanes Alfred Simanjuntak membenarkan hal tersebut.

“BRI Cabang Tual membantu program pemerintah dalam hal ini Pemkot Tual terkait penyaluran bantuan sosial (Bansos) kepada warga masyarakat Kota Tual, dan yang ini dari dana APBD untuk diberikan kepada warga,” ujarnya.

Diketahui, penerima bansos tersebut sesuai data berjumlah kurang lebih 2000 orang.

Siamanjuntak menjelaskan, pihaknya bekerjasama dengan Pemkot Tual, terkait pembuatan rekening dan juga Kartu ATM bagi penerima, sehingga warga dapat melakukan transaksi uangnya kapan dan dimana saja.

“Warga penerima bisa diambil di ATM dan juga di agen Brilink, sehingga tidak harus menunggu waktu jam operasional dari kantor.

Menurutnya, dengan adanya kartu ATM bagi warga penerima tersebut, mereka tidak akan berlama-lama antri di kantor, sehingga himbauan social distancing dan physical distancing oleh pemerintah dalam masa pandemi Covid-19 ini berjalan efektif.

“Agen Brilink di Kota Tual ini banyak, ada 540 agen, jadi bisa digunakan untuk pengambilan dana tersebut. Selain itu, penerima juga bisa menabung uangnya pada rekening mereka itu,” tandasnya.

Terkait dengan upaya agar tidak terjadi overlap (pendobobolan) penerima, pihak BRI akan maksimal dan memastikan tidak akan terjadi pendobolan.

“Sesuai arahan dari pak Walikota Tual kemarin supaya tidak terjadi pendobolan, maka data yang sudah masuk ke kami selanjutnya dilakukan ferivikasi dan validasi data penerima, agar masyarakat yang sudah menerima bansos lewat APBN tidak mendapatkan lagi dari dana APBD,” bebernya.

Simanjuntak menegaskan, pihaknya akan proaktif dalam penyaluran ini yakni terus melakukan kerjasama dengan pihak kelurahan dan kepala desa.

“Kami inginkan juga segera selesai disalurkan kepada masyarakat sebelum lebaran ini. Kami akan maksimal, agar bulan pertama (Mei) ini cepat tersalur,” katanya.

Untuk diketahui, BLT APBD Kota Tual akan disalurkan selama 3 bulan (Mei, Juni dan Juli). Warga penerima BLT tersebut akan menerima Rp. 600.000 per bulan.

“Kami berharap dana tersebut dapat dimanfaatkan sebaik-baiknya, apalagi saat ini kita ketahui bersama perekonomian lagi sulit bertumbuh akibat dari Pandemi Covid19,” pungkasnya.

Pos terkait