Pendemi Covid-19 Berdampak Suplai Turun Dan Kenaikan Harga Ikan

  • Whatsapp

MalukuPost.com, Ambon
Kepala Dinas Kelautan & Perikanan Provinsi Maluku, Abdul Haris mengaku akibat dari Pendemi Virus Corona (Covid-19) berdampak pada menurunnya suplai kebutuhan ikan dan kenaikan harga ikan di pasar.

“Selain itu faktor cuaca, karena kita sudah masuk musim timur, sehingga beresiko bagi nelayan, juga disebabkan karena pendemi Covid-19, dimana terjadi penurunan suplai ikan dan kenaikan harga ikan sekitar 5-10 persen,”ujarnya di Ambon, Selasa (19/05).

Menurut Haris, dampak pendemi Covid-19 dikarenakan ada pembatasan perhubungan sehingga ada pasokan dari luar, seperti Buru dam Seram, Saparua, Haruku tidak bisa dipasok ke Ambon.

“Untuk mengatasi hal itu, kami telah berkoordinasi dengan perusahan perikanan yang mempunyai kapal pengangkut, untuk mengangkut hasil tangkapan ikan dari luar pulau Ambon. Yang akan difasilitasi langsung Dinas Kelautan & Perikanan,” ungkapnya.

Dijelaskan Haris, perizinannya akan dikeluarkan oleh Dinas Kelautan dan Perikanan berupa rekomendasi untuk penerbitan izin dengan menggunakan hasil cek fisik tahun sebelumnya, dengan ketentuan tidak terjadi perubahan fisik kapal.

“Dalam situasi ini, ada kebijakan melalui surat edaran dari Kementerian Kelautan dan Perikanan untuk tidak melayani permohonan cek fisik kapal dan perizinan,” katanya.

“Tapi dalam kondisi darurat ini dapat dibolehkan, karena Dinas Kelautan dan Perikanan dapat memberikan rekomendasi untuk penerbitan izin dengan cara menggunakan hasil cek fisik tahun sebelumnya tetapi dengan ketentuan tidak terjadi perubahan fisik kapal,”katanya lagi.

Haris menambahkan, dari hasil monitoring ke beberapa perusahaan unit pengelola ikan, ungkapnya secara fisik kapalnya tidak berubah, hanya terjadi perpanjangan izin.

“Jadi kami dapat memberikan rekomendasi perpanjangan izin dengan menggunakan hasil cek fisik kapal tahun sebelumnya. Ini sangat membantu distribusi pasokan ikan dari luar pulau Ambon,”pungkasnya.

Pos terkait