Berzakat Di Idul Adha, Simanjuntak: “Kami memberikan dengan hati yang tulus kepada orang lain”

  • Whatsapp
Warga penerima Zakat Hewan Kurban dari Majelis Taklim BRI Cabang Tual. Jumat (31/7/2020).

Langgur, Malukupost.com – Sebanyak enam ekor sapi dikurbankan sebagai zakat oleh BRI Cabang Tual di hari raya Idul Adha 1441 H pada enam lokasi berbeda (wilayah pelayanan BRI Cabang Tual), salah satunya di kantor BRI Cabang setempat.

Kepada Malukupost.com di Langgur, Jumat (31/7/2020), Pimpinan BRI setempat, Johanes Alfred Simanjuntak menjelaskan, pihaknya menyalurkannya melalui Majelis Taklim.

“Salah satu dari enam lokasi penyaluran hewan kurban yakni di kantor ini (BRI Cabang Tual) kami mempercayakannya kepada Ketua Majelis Taklim, dan untuk pembagiannnya kita sudah membagikan kupon kepada keluarga-keluarga yang membutuhkan,” ujarnya.

Simanjuntak mengungkapkan, hal yang sama pula dilakukan oleh masing-masing Kantor Cabang Pembantu (KCP), dimana hewan kurban ini diserahkan untuk dibagikan kepada warga yang berhak mendapatkannya.

Pimpinan BRI Cabang Tual, Johanes Alfred Simanjuntak (tengah), Ketua Majelis Taklim, Zulfikar Basalamah (kanan) dan Ketua Panitia Hari Raya Kurban BRI setempat, Taufan Tetanel (kiri).

“Tiap tahun BRI Cabang Tual melakukan pembagian hewan kurban. Kami memberikan dengan hati yang tulus kepada orang lain di hari Kurban ini,” katanya.

Sementara itu, Ketua Majelis Taklim BRI setempat, Zulfikar Basalamah mengungkapkan rasa syukurnya, karena pada tahun ini BRI Cabang setempat dapat menyumbangkan enam ekor sapi.

“Alhamdulilah tahun ini kita ada peningkatan 6 ekor, kalau tahun kemarin itu 4 ekor. Mudah-mudahan di tahun-tahun berikutnya ada penambahan jumlah hewan kurban lagi,” tandasnya.

Dijelaskan Zulfikar, pembagian hewan kurban di kantor cabang Tual ini diutamakan peruntukannya kepada kaum dhuafa.

“kami utamakan kepada kaum fakir miskin (dhuafa), apalagi disaat kondisi pandemi Covid-19 sekarang ini tentunya mereka sangat membutuhkannya,” imbuhnya.

Di tempat yang sama, Ketua Panitia Kurban kantor BRI cabang setempat, Taufan Tetanel menyebutkan, sekitar 50 kupon sejak seminggu yang lalu sudah diberikan kepada warga yang berasal dari wilayah Maluku Tenggara dan Kota Tual

“Kami sudah janjikan 50 penerima itu untuk menerimanya disini (kantor cabang) usai penyembelihan hewan kurban. Memang kami lakukan penyembelihan hewan kurban disini (kantor cabang Tual) tapi pembagiannya tidak dinikmati oleh pekerja (pegawai disini) tapi masyarakat yang pantas menerima,” pungkasnya.

Untuk diketahui, enam lokasi yang menjadi tempat penyaluran hewan kurban oleh BRI Cabang Tual yakni Masjid Agung Nurul Haq Dobo (Kepulauan Aru), Masjid An-Najam Elat (Kei Besar), Masjid Al’Muhajirin (Ohoijang), Masjid Al-Muttaqin Fiditan (Kota Tual), Pengurus Ikatan Keluarga Jawa (IKJ) Tual-Malra dan satu berlokasi di Kantor Cabang Tual.

Pos terkait