Polres Malra Gelar Operasi Patuh Siwalima 2020

  • Whatsapp
Anggota Satlantas yang dibantu Anggota POM, Provost TNI AD, AU dan AL serta Propam Polres Malra, melakukan pemeriksaan terhadap Pengendara dan Kendaraan dalam Operasi Patuh Siwalima 2020.

Langgur, Malukupost.com – Operasi Patuh Siwalima 2020 yang digelar oleh Satuan Lalu Lintas (Sat Lantas) Kepolisian Resor Maluku Tenggara (Polres Malra), hari ini resmi mulai digelar, Senin (23/7/2020).

Dalam operasi tersebut, Sat Lantas dibantu oleh satuan POM TNI, Provost TNI Angkatan Darat, Angkatan Udara dan Angkatan Laut dan juga dari Propam Polres Malra, dipusatkan di ruas jalan lokasi pengeringan Watdek, Kabupaten Maluku Tenggara.

Sasaran operasi tersebut yakni seluruh kelengkapan kendaraan maupun pengendaraa itu sendiri.

Kasat Lantas Polres Malra, Inspektur Polisi Satu (IPTU) Jonas Paulus.

“Sasarannya adalah pengguna kendaraan roda dua maupun roda empat yang tidak mentaati segala aturan lalu lintas berupa tidak menggunakan helm, melawan arus, kendaraan yang menggunakan knalpot racing,” ujar Kasat Lantas, IPTU Jonas Paulus.

Paulus mengungkapkan, pihaknya juga melakukan penindakan terhadap pengendara roda dua dan empat yang tidak dilengkapi surat-surat kendaraan berupa STNK, SIM, Plat Nomor dan TNKB.

“Pengendara roda dua yang tidak pakai helm dan pengemudi mobil tanpa safety belt kami tindak, karena itu sangat fatal jika terjadi lakalantas. Selain itu, bagi kendaraan yang plat nomornya dari luar juga kami amankan untuk diperiksa,” tandasanya.

Pantauan Malukupost.com, dalam operasi tersebut, sejumlah kendaraan roda dua dan empat yang tidak memenuhi syarat (melanggar aturan) diamankan. Bukan saja pengendara sipil (warga) saja yang menjadi sasaran, pengendara militer pun tidak luput dari pemeriksaan.

“Kami juga akan melakukan tindakan terhadap anak-anak dibawah umur yang berkendaraan di jalan, karena sangat beresiko tinggi terjadi kecelakaan,” tukasnya.

Paulus menegaskan, semua kelengkapan kendaraan (SIM, STNK, TNKB dan lain-lain) hrus dibawa serta saat berkendara di jalan.

“Harapan kami, bukan cuma karena ada operasi saja baru kita tertib berlalu lintas, namun sudah seharusnya pengendara roda dua dan empat apabila berkendaraan wajib mematuhi segala aturan lalu lintas,” pungkasnya.

Untuk diketahui, Operasi Patuh Siwalima 2020 yang dilaksanakan oleh Satlantas Polres Malra tersebut digelar selama 14 hari (23 Juli hingga 5 Agustus 2020).

Pos terkait