Partai Golkar Targetkan 60% Kemenangan Pilkada Setiap Daerah Di Maluku

  • Whatsapp

Tual, Malukupost.com – Empat kabupaten di provinsi Maluku yakni Seram Bagian Timur (SBT), Buru Selatan (Bursel) Kepulauan Aru dan Maluku Barat Daya (MBD) akan melaksanakan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Bupati dan Wakil Bupati pada tahun 2020 ini.

Wakil Ketua DPD Partai Golkar Provinsi Maluku, sekaligus Koordinator Bidang Kepartaian, Yunus Serang mengatakan, terkait hal tersebut, maka DPP Golkar telah memberikan rekomendasi kepada tiga pasangan calon (paslon) bupati dan wakil bupati.

“Dari keempat kabupaten tersebut, partai Golkar telah memberikan rekomendasi kepada tiga kabupaten yakni SBT (incumbent yang juga kader partai Golkar), Kepulauan Aru dan MBD. Sedangkan rekomendasi untuk paslon bupati dan wakil bupati di Bursel hingga kini belum, karena masih dilakukan survei,” jelasnya di Tual, Sabtu (8/8/2020).

Terkait pemberian rekomendasi, Yunus Serang yang juga Ketua DPD Golkar Kota Tual tersebut menegaskan, partai besutan Airlangga Hartarto tersebut tetap memprioritaskan paslon yang merupakan kader partai Golkar.

“Nah, di SBT itu incumbent yang juga adalah kader partai yang mendapat rekomendasi, karena itu sudah menjadi keputusan Munas yakni dalam pelaksanaan Pilkada di Indonesia tahun 2020, 2022, 2023 dan 2024 untuk pemilihan Presiden, DPR dan DPD, khusus untuk pilkada itu diprioritaskan kader. Dan pemberian rekomendasi tersebut tanpa mahar,” ungkapnya.

Sedangkan untuk paslon yang bukan kader partai Golkar, mantan Wakil Bupati Maluku Tenggara Dua Periode tersebut menyatakan bahwa meskipun demikian, namun DPP juga telah memberikan rekomendasi.

“Oleh karena itu, maka target dari DPP yakni pemenangan pilkada harus 60 % di setiap daerah termasuk empat kabupaten di Maluku tersebut. Artinya, dari keempat kabupaten tersebut ada tiga yang dapat kita menangkan,” pungkasnya.

Untuk diketahui, berdasarkan hasil Musyawarah Nasional (Munas) ke-X Partai Golkar pada bulan Desember 2019, telah menetapkan Airlangga Hartarto selain menjabat Ketua Umum juga dicalonkan sebagai Calon Presiden untuk masa bhakti 2024-2029 dari Partai Golkar.

Sementara pada Musyawarah Daerah (Musda) ke-X DPD Golkar Provinsi Maluku pada bulan Maret 2020, Ramli Umasugi ditetapkan sebagai Ketua DPD Golkar setempat masa bhakti 2019-2024.

Selain itu, dalam Musda tersebut itu pula telah ditepakan Hamzah Sangadji (Koordinator Wilayah Pemenangan Maluku dan Maluku Utara DPP Partai Golkar) ditetapkan sebagai Calon Gubernur Provinsi Maluku masa bhakti 2024-2029.

Pos terkait