Ini Penyebab Santunan Covid-19 Di Maluku Belum Disalurkan

  • Whatsapp
Kepala Dinas Sosial Provinsi Maluku, Sartono Pining

Ambon, MalukuPost.com – Kepala Dinas Sosial Provinnsi Maluku, Sartono Pining menyatakan dari 36 pasien Covid-19 meninggal dunia, baru delapan ahli waris yang baru menerima santunan sebesar Rp15 juta/orang.

“Baru delapan ahli waris yang menerima santunan, semuanya dari kota Ambon. Dan sampai saat ini belum ada penambahan, jika ada pasti saya tahu karena kita yang merekomendasi untuk pencairan santunan,”ujarnya di Ambon, Kamis (10/09).

Dijelaskan Sartono, dirinya tidak mengetahui pasti penyebabnya sehingga baru disalurkan santunan kepada 8 ahli waris, hal itu disebabkan semua pengurusan sudah dialihkan menjadi tanggungjawab dari masing-masing kabupaten/kota, untuk diproses sesuai prosedur arahan dari Kementerian Kesehatan. Hanya saja, masih berkaitan dengan kelengkapan, karena menyangkut akuntabilitas keuangan untuk pertanggungjawaban nantinya.

“Saya kira ini terkait dengan kelengkapan karena kita tidak boleh melihat kelengkapan ini sebagai bagian yang penting, karena ini terkait akuntabilitas keuangan dalam pertanggungjawaban. Sehingga kalau kita berproses kesana harus ada akta kematian, keterangan ahli waris, bukti domisili dan lain sebagainya. Tetapi saya cek lagi hambatannya dimana, kita berharap bisa dilengkapi untuk kemudian dipproses,”bebernya.

Menurut Sartono, dDari sisi pemerintah tidak ada masalah, termasuk, termasuk keterangan kematian dari RS dan lain sebagainya. Namun untuk memproses santunan, tidak semerta-merta memaksakan ahlir waris untuk diproses secepatnya, karena harus melihat kondisi psikologi dari keluarga.

“Jadi kita harus persuasif, supaya mereka merasa itu menjadi bagian penting hak mereka,”pungkasnya.

Pos terkait