Kubangun: Hasil Pemeriksaan Kesehatan Paslon Kepala Daerah Bebas Covid-19

  • Whatsapp
Ketua KPU Provinsi Maluku, Syamsul Rivan Kubangun

Ambon, MalukuPost.com – Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Maluku, Syamsul Rifan Kubangun memastikan semua Pasangan Calon (Paslon) Kepala Daerah dari empat kabupaten yang akan menggelar pemilihan kepala daerah (Pilkada) tidak terpapar Covid-19.

“Sampai dengan hari ini, dari pemeriksaan kesehatan di RSUD dr. M. Haulussy Ambon, seluruhnya tidak ada terpapar Covid-19,”ujarnya disela-sela kegiatan pembagian masker serentak, kampanye jaga jarak dan hindari kerumunan dalam rangka Operasi Yustisi penggunaan masker dan Pilkada 2020 yang aman, damai dan sehat yang digalakan Polda Maluku di Ambon, Kamis (10/09).

Kubangun katakan, dari 11 Paslon, tersisa 2 Paslon masing-masing dari Kabupaten Seram Bagian Timur (SBT) dan Kabupaten Buru Selatan (Bursel) yang melakukan pemeriksaan kesehatan di RSUD. dr. Haulussy Ambon.

“Hari ini tersisa 2 bakal pasangan calon dari SBT dan Bursel, hari terakhir yang lakukan pemeriksaan. Dan sampai hari ini hasilnya non reaktif,”ucapnya.

Dijelaskan Kubangun, jika dari pemeriksaan ada Paslon yang dinyatakan positif, maka akan dilanjutkan dengan pemeriksaan swab dan dikarantina serta proses pemeriksaan kesehatan bebas narkoba akan dihentikan sementara.

“Kalau sampai reaktif maka dilanjutkan dengan pemeriksaan swab, dan kalau positif maka pemeriksaan kesehatan dihentikan dan dikarantina 20 hari dan akan diambil swab kedua, namun tidak menggalkan proses pencalonan,”ungkapnya.

Sekedar diketahui, ada 11 Paslon yang bertarung dalam pesta demokrasi lima tahunan di empat kabupaten di Maluku, yang akan berlangsung 9 Desember mendatang yakni Kabupaten SBT tiga Paslon, Mukti Keliobas -Nuzul Rumain, Fahri Alkatiry – Arobi Kelian, Rohani Vanath-Ramli Mahu.

Kabupaten Buru Selatan tiga Paslon yakni Safitri Malik-Gerson Selsily, Abdurrahman Soulissa-Elisa F Lesnussa, Haji Ali-Zainuddin Boy

Kabupaten Maluku Barat Daya (MBD) tiga Paslon yakni Benyamin Noach-Agustinus Kilikily, Johan Leunupun-Dolfina Markus. Niko Kilkily-Odie Orno

Kabupaten Kepulauan Aru dua Paslon yakni Thimotius Kaidel-Lagani Karnaka, Johan Ngonga-Muin Solgarey.

Pos terkait