DPRD Maluku Gelar Rapat Gabungan Bahas Persolaan Dana Desa

  • Whatsapp
DPRD Maluku

Ambon, MalukuPost.comDPRD Maluku menggelar rapat gabungan guna membahas seluruh persoalan terkait pengelelolaan dana desa.

Rapat yang dipimpin Wakil Ketua DPRD Maluku, Melakianus Sairdekatu melibatkan Komisi I dan IV, Pemda Maluku, Polda Maluku, serta Kejaksaan Maluku.

Sairdekut mengatakan ada tiga catatan yang dibahas yakni DPRD dan semua orang menyakini bahwa pengelolaan dana desa bermasalah.

Sairdekut, DPRD Maluku
Wakil Ketua DPRD Maluku, Melakianus Sairdekut

“Karena ada masalah, maka terjadi rapat gabungan ini,”ujarnya di Ambon, Kamis (1/10).

Dijelaskan Sairdekut, catatan kedua yakni disepakati sinergitas antara DPRD, pemerintah, kepolisian, kejaksaan, mulai dari awal sampai implementasi dana desa. Dan catatan ketiga yakni rapat akan ditindaklanjuti dengan pembentukan tim antara DPRD, Pemda Provinsi Maluku, Kepolisian dan Kejaksaan untuk memastikan seluruh penggunaan dana desa tertanggungjawab.

“Karena sudah lima tahun penggunaan dana desa, dari laporan BPM-PD Maluku, kita sudah hampir Rp3 atau 5 triliun keseluruhan dana desa yang ada di provinsi Maluku,”ungkapnya.

Sairdekut berharap, dana tersebut berbanding lurus dengan tingkat kemiskinan di Maluku.

“Kami sadar ini dalam masa pandemi, tapi tidak boleh menyudutkan semangat untuk memperjuangkan desa-desa kita,”tandasnya.

Sairdekut menambahkan, pertemuan itu nantinya akan ditindaklanjuti dalam dua tahap, yaitu DPRD akan melakukan rapat internal, kemudian rapat koordinasi dengan institusi akan dibicarakan di level pimpinan DPRD dan pimpinan Kepolisian dan Kejaksaan.

Pos terkait