Pemerintah Kecamatan Kei Besar Selatan Barat Gelar Musrenbang RKPD Tahun 2022

  • Whatsapp
Musrenbang RKPD Tahun 2022 Tingkat Kecamatan Kei Besar Selatan Barat digelar di desa (ohoi) Langgiar, Kamis (11/2/2021).

Langgur, MalukuPost.com – Musyawarah Perencanaan Pembangunan, Kecamatan penyusunan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (Musrenbang RKPD) tingkat Kecamatan Kei Besar Selatan Barat, Kabupaten Maluku Tenggara (Malra) resmi digelar di desa (ohoi) Langgiar.

Pantauan Malukupost.com, kegiatan tersebut dibuka secara resmi oleh Bupati setempat M. Thaher Hanubun, Kamis (11/2/2021).

Hadir pula dalam kegiatan tersebut yakni Pimpinan dan Anggota DPRD Malra Wakil diantaranya Yohanis Bosko Rahwarin dan Stepanus Layanan.

Selain itu, para Staf Ahli Bupati, Kepala Bappeda dan sejumlah pimpinan-pimpinan SKPD terkait dan dinas teknis lainnya selaku pemateri serta Camat Kei Besar Selatan Barat turut serta dalam kegiatan dimaksud.

Untuk diketahui, pelaksanaan kegiatan tersebut didasari atas Undang-Undang Nomor 25 Tahun 2004 tentang Sistem Perencanaan Pembangunan Nasional, Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintah Daerah, Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2015 tentang Desa, Permendagri Nomor 54 Tahun 2010 tentang Pelaksanaan Peraturan Pemerintah Nomor 8 Tahun 2008 tetang Tahapan Tatacara Penyusunan Pengendalian dan Evaluasi Pelaksanaan Perencanaan Pembangunan Daerah.

Peraturan Daerah Kabupaten Maluku Tenggara Nomor 03 Tahun 2019 tentang RPJMD Kabupaten Maluku Tenggara 2018-2023, Surat Edaran Bupati Malra Nomor 050/258/Setda tanggal 28 Januari 2021 tentang Musyawarah Perencanaan Pembangunan dalam rangka penyusunan RKPD kabupaten Malra Tahun 2022 di tingkat Kecamatan, Surat Keputusan Camat Kei Besar Selatan Barat Nomor 02 Tahun 2021 tentang Panitia Pelaksana Musrenbang RKPD Kecamatan Kei Besar Selatan Barat.

Tujuan diselenggarakannya Musrenbang RKPD dimaksud adalah untuk membahas dan menyepakati program dan kegiatan yang merupakan hasil Musrenbang tingkat ohoi (desa) yang belum didanai oleh dana desa maupun alokasi dana ohoi yang diprioritaskan pendanaannya oleh APBD tingkat I, APBD tingkat II dan APBN Tahun Anggaran 2022.

Disamping itu, kegiatan ini pula untuk membahas dan menetapkan prioritas kegiatan pembangunan di tingkat kecamatan yang belum tercakup dalam pembangunan ohoi, melakukan klarifikasi atas proses kegiatan pembangunan kecamatan sesuai dengan fungsi-fungsi SKPD kabupaten Malra, menetapkan delegasi kecamatan yang akan mengikuti forum SKPD, Gabungan SKPD dan Musrenbang kabupaten tahun 2022.

Peserta yang hadir dalam Musrenbang tersebut merupakan delegasi dari setiap ohoi sebanyak 3 orang yang terdiri dari unsur kepala ohoi, tokoh masyarakat, tokoh pemuda, perwakilan perempuan, kepala puskesmas dan seluruh kepala SD/MI, SMP/MTs di wilayah Kecamatan Kei Besar Selatan Barat.

Pos terkait