Susun RKPD 2022, Pemkot Tual Gelar Forum Konsultasi Publik

  • Whatsapp

Tual, Malukupost.com – Pemerintah Kota (Pemkot) Tual, melalui Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (BAPPEDA) setempat,  menggelar forum konsultasi publik Tahun 2021.

Dari Pantauan Media ini, Pelaksanaan kegiatan tersebut, dilakukan dalam rangka untuk menyusun rancangan awal, Rencana Kerja Pembangunan Daerah (RKPD) Kota Tual Tahun 2022, di Aula Kantor Kepala Daerah Setempat, Senin (22/02).

Hadir dalam kesempatan itu, Wakil Wali Kota Tual  Usman Tamnge, sekaligus membuka secara resmi acara tersebut, hadir pula Sekretaris Daerah setempat Ahmad Yani Renuat, Kepala Bappeda, perwakilan organisasi perangkat daerah (OPD) dan unsur terkait lainnya.

Untuk itu Wali Kota Tual Adam Rahayaan, lewat sambutannya menyatakan, RKPD yang dimusyawarahkan pada hari ini, merupakan tahun ke- empat bentuk penjabaran dari RPJMD Tahun 2018-2023, yang didalam-Nya memuat penjabaran dari Visi dan Misi Kepala Daerah, yang harus di capai dalam kurung waktu Lima Tahun.

“Sebagaimana kita pahami bersama, proses penyusunan dokumen perencanaan dan penganggaran dimulai satu tahun sebelum dilaksanakan. Sehingga di awal tahun 2021 ini kita sudah memulai proses perencanaan untuk tahu  2022 mendatang,” katanya.

Dijelaskan, sesuai amanat undang-undang No.25/2004 dan Permendagri No.86/2017, dimana proses penyusunan dokumen perencanaan pembangunan daerah, dilaksanakan secara bersama-sama antara seluruh perangkat daerah dan pemangku kepentingan, sehingga dapat tercipta sinkronisasi, antara dokumen rancangan awal RKPD dengan rancangan awal Renja.

“Hal itu agar ada kaitannya dengan sinergitas antara perencanaan pembangunan nasional, provinsi dan kota serta menjamin terpenuhinya pembangunan di masyarakat yang tepat sasaran,” jelasnya.

Menurutnya, pelaksanaan forum konsultasi publik tersebut, merupakan salah satu tahapan penyusunan RKPD, yang pelaksanaannya dilaksanakan sebelum pelaksanaan Forum OPD dan Musrenbang RKPD.

“Ini merupakan wadah diskusi, untuk menjaring aspirasi dari para pemangku kepentingan pada tahap awal. Dengan tujuan menampung isu-isu strategis terkini, terutama yang berpengaruh pada perencanaan dan pelaksanaan pembangunan  di Kota Tual,” terangnya

Pos terkait