Wisuda DR Jacky Manuputty Akan Digelar Virtual Dari Amerika

  • Whatsapp
Pendeta Jacky Manuputty
Pendeta Jacky Manuputty (foto fb jacky manuputty)

Laporan Rudi Fofid-Langgur

Malukupost.com – Seminari Hartford  di Amerika Serikat akan menyiarkan wisuda virtual,  Jumaat, 21 Mei jam 23.00 WIB,  atau Sabtu, 22 Mei jam 1.00 AM subuh.  Wisuda diselenggarakan untuk pengukuhan gelar doktor honoris causa (DR) kepada Pendeta Jacky Manuputty.

Pendeta Jacky saat ini menjabat Sekretaris Umum Persekutuan Gereja-Gereja di Indonesia (PGI). Ia pernah menyelesaikan studi magister di Seminari Hartfort. Almamaternya sudah mengumumkan anugerah DR tahun lalu tetapi akibat pandemi berkepanjangan, wisuda terus tertunda.

“Kampus harapkan beta bisa hadir secara on site, namun karena pandemi covid-19 yang terus berkembang, maka ditunda tahun ini dan akhirnya dilaksanakan secara online,” kata Pendeta Jacky Manuputty di Jakarta, Senin (17/5).

Pada kesempatan wisuda nanti, Pendeta Jacky akan menyampaikan orasi sebagai respon atas pemberian gelar DR. Publik bisa mengikuti jalannya upacara wisuda secara virtual, dengan mendaftar secara gratis pada link https://www.hartsem.edu/event/2021-virtual-graduation-ceremony/?fbclid=IwAR1jGj0XPOhG6jEcU-5QQmbVoCbK3_1-t7nWyZFMsrb_GJECFPeb_4-qAZU.

Keputusan Dewan Pengawas Seminari Hartford untuk memberikan gelar DR kepada Pendeta Jacky, pertama kali disiarkan situs resmi kampus tersebut https://www.hartsem.edu pada 31 Maret 2020. Dalam siaran berjudul The Rev. Jacklevyn Frits Manuputty to Receive Honorary Doctor of Divinity, disebutkan Pendeta Jacky menerima gelar DR di bidang ketuhanan.

Disebutkan, Pendeta Jacky dinominasikan oleh sekelompok rekan alumni dari Indonesia. Dalam surat pencalonannya, mereka mengutip karya Pendeta Jacky sebagai salah satu pendiri Lembaga Antar Iman Maluku, yang menciptakan program peningkatan kapasitas kelembagaan, mengembangkan wacana publik yang positif, dan membangun jaringan pencegahan konflik pluralistik.

“Bersama dengan rekan-rekannya, dia telah mengembangkan kurikulum perdamaian, program khotbah perdamaian antaragama, dan program penyembuhan trauma. Ketika kekerasan berkobar di Indonesia pada tahun 2011, Pendeta Jacky bekerja membentuk kelompok pemuda ‘Provokator Perdamaian,’ yang kampanye media sosialnya diakui secara luas atas keberhasilan mereka dalam membatasi ruang lingkup konflik dan mencegah penyebarannya.”

Diungkapkan, kegiatan perdamaiannya terlalu banyak untuk disebutkan, termasuk memfasilitasi dialog dan mempromosikan kerja sama antaragama di antara banyak kelompok di Indonesia.

“Selain itu, Pendeta Jacky bekerja pada masalah keadilan lingkungan. Sebuah proyek bernama #SaveAru telah memaksa pemerintah Indonesia membatalkan rencana ekonominya di pulau itu,” kata nominatornya.

Para nominatornya menyatakan, mereka yakin Pendeta Jacky layak mendapatkan gelar doktor kehormatan yang diberikan oleh Seminari Hartford sebagai ungkapan dukungan bagi pekerjaannya yang luar biasa.

“Komitmen, kesetiaan, dan kerendahan hatinya mempromosikan nilai-nilai yang terkandung di Seminari,” kata para nominator.

Sebelum ini, Pendeta Jacky menerima beberapa penghargaan untuk karya penciptaan perdamaian antaragama, termasuk Penghargaan World Harmony Week Prize dari Raja Jordan, Raja Abdullah II, Amman, Yordania pada tahun 2018, Penghargaan Perdamaian dari Tanenbaum Center for Interrelagion Understanding, New York City tahun 2012, dan Penghargaan Ma’arif atas dedikasinya di bidang perdamaian dan hubungan antaragama. (malukupost/hartsem.edu)

CATATAN RALAT:
Sebelumnya tertulis pada teras berita tentang keterangan waktu:

Kamis 20 Mei waktu setempat atau Jumat, 21 Mei dinihari pukul 01.00 WIT.

Informasi yang benar adalah seperti yang tertera sekarang:

“Seminari Hartford  di Amerika Serikat akan menyiarkan wisuda virtual,  Jumaat, 21 Mei jam 23.00 WIB,  atau Sabtu, 22 Mei jam 1.00 AM subuh.  Wisuda diselenggarakan untuk pengukuhan gelar doktor honoris causa (DR) kepada Pendeta Jacky Manuputty.”

Dengan demikian kekeliruan kami telah diperbaiki.  Mohon maaf atas ketidaknyamanan ini.
(Editor)

Pos terkait