10 Nakes Di Ambon Terkonfirmasi Positif Covid-19, Tiga Puskesmas Ditutup

  • Whatsapp
ilustrasi nakes (dok detik.com)

Ambon, MalukuPost.com – Juru Bicara (jubir) Satgas Covid-19 Kota Ambon, Joy Adrianz menyatakan ditemukan 10 Tenaga Kesehatan (nakes) yang terkonfirmasi positif covid-19 di tiga puskesmas.

“Puskesmas Martha Chr. Tiahahu/Valentine sebanyak 6 orang, puskesmas Hative Kecil sebanyak 1 orang, dan Klinik Mata Ambon – Vlisingen di Passo sebanyak 3 orang,”ungkapnya di Ambon, Rabu (30/06/2021).

Adrianz katakan, sehubungan dengan itu pelayanan pada tiga fasilitas kesehatan tersebut mulai besok 1 Juli 2021 ditutup untuk sementara waktu. Sambil menunggu hasil swab PCR yang akan dilakukan mulai besok kepada seluruh tenaga kesehatan yang ada di tiga fasilitas kesehatan dimaksud.

“Dan penutupan akan dilakukan sampai dengan hasil swab PCR itu keluar, setelah ditemukan adanya positif dilakukan perawatan, sementara yang negatif tetap melaksanakan aktivitas di tiga fasilitas kesehatan yang dimaksud,”ujarnya.

Dijelaskan Adrianz, terkait zonasi hasil pemetaan resiko dari satgas tingkat pusat dan skor Kota Ambon mengalami penurunan 0,12 point. Sehingga saat ini masih berada di zona oranye tapi dengan skor 1,83 dan sebelumnya 1,95.

“Karena itu skor ini sangat berada pada titik yang memprihatikan. Karena kami bersama batas zonasi oranye itu 1,81-2,4. dan itu berarti kami hanya punya kurang lebih 0,03 point jika ini melakukan penurunan lagi kami akan kembali masuk ke zona merah,” katanya.

“Hasil evaluasi pemetaan menunjukan bahwa usia 21-40 tahun tingkat usia yang rata-rata terkonfirmasi. Kami berharap untuk yang berusia 50 tahun keatas untuk sementara waktu membatasi aktifitas diluar rumah,” katanya lagi.

Adrianz mengimbau masyarakat Kota Ambon terus menerapkan protokol kesehatan dalam menjalankan aktivitas.

“Jangan lupa memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak, untuk mendukung pemerintah dalam memutus mata rantai penyebaran Covid-19,” pungkasnya.

Pos terkait