Komisi II DPRD Malra Soroti Penyebaran Guru Di Wilayah Kei Besar

  • Whatsapp
Rapat Dengar Pendapat (RDP) Komisi II DPRD Malra dengan Dinas Pendidikan Malra, Senin (20/7/2021).

Langgur, Malukupost.com – Penyebaran tenaga pendidik (guru) di kabupaten Maluku Tenggara (Malra) menjadi fokus perhatian Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) setempat.

Penyebaran guru di Malra khususnya di wilayah pulau Kei Besar disampaikan pimpinan dan anggota komisi dalam Rapat Dengar Pendapat (RDP) Komisi II DPRD Malra dengan OPD mitranya yakni Dinas Pendidikan setempat, Senin (20/7/2021).

Anggota Komisi II Aher Onoly meminta agar Dinas Pendidikan Malra serius memperhatikan penyebaran guru di Malra, lebih khusus pada wilayah pulau Kei Besar.
Diakuinya, meskipun laporan keuangan dinas pendidikan sangat baik, namun penyebaran tenaga guru harus diperhatikan.

“Laporan keuangan Dinas Pendidikan sangat luar biasa, tapi saya harap, masalah penyebaran guru khususnya di pulau Kei Besar juga harus kita selesaikan,” ujarnya.

Selain itu, anggota komisi lainnya yakni Ali Arsyad Ohoiulun.

Politisi PAN tersebut mengingatkan Kepala Dinas (Kadis) Pendidikan untuk memperhatikan kehadiran guru di masa pandemi Covid-19 ini.

“Saya minta pak Kadis tolong perhatikan kehadiran guru di Kei Besar dan Kei Kecil juga. Kemudian tentang penyebaran guru ini dari tahun ke tahun tidak teratasi, jadi pak Kadis tolong perhatikan ini dengan serius,” katanya.

Pada kesempatan itu, Kadis Pendidikan Malra Clemens Welafubun menjelaskan, masalah penyebaran guru selalu menjadi perhatian Dinas Pendidikan.

Welafubun mengungkapkan, pengusulan mutasi (pindah) para guru pernah diajukan kepadanya namun ditolak.
“Ada usulan mutasi (pindah) guru sudah enam kali diajukan kepada saya, dan semuanya saya tolak karena belum menjawab harapan kita semua tentang pemerataan guru,” tandasnya.

“Kalau guru ada di tempat yang lagi kurang, jangan kasih pindah lagi. Jika sudah ada lima (guru), jangan tambah jadi tujuh tetapi dipindahkan ke sekolah dimana hanya satu atau dua guru,” katanya lagi.

Pos terkait