Gubernur Maluku Dorong IAIN Ambon Jadi UIN

  • Whatsapp

Ambon, MalukuPost.com – Gubernur Maluku, Murad Ismail, mendorong agar Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ambon dapat berubah statusnya menjadi Universitas Islam Negeri (UIN) Ambon.

“Perubahan status tersebut penting untuk membuka akses yang lebih luas bagi seluruh civitas akademika IAIN Ambon, dalam rangka menjawab tantangan pembangunan Maluku kedepan,” ujarnya saat memberikan sambutan dalam acara wisuda sarjana dan magister IAIN Ambon yang berlangsung secara virtual, Kamis (5/8/2021).

Gubernur Murad katakan, kedepan di Provinsi Maluku akan hadir sejumlah proyek strategis nasional yakni Lumbung Ikan Nasional (LIN), New Ambon Port, dan Blok Masela sehingga kepada para wisudawan hal itu bukan saja peluang besar, tetapi sekaligus tantangan untuk anak-anak Maluku.

“Apakah siap dan mampu merebut posisi dan peran strategis di sana?? Tugas kami selaku pemimpin saat ini adalah berjuang mewujudkan proyek strategis nasional tersebut, sedangkan tugas kalian generasi masa depan adalah menjadi pekerja, pelaku, maupun aktor utamanya,” tandasnya.

Gubernur Murad mengingatkan, acara wisuda tidak sebatas acara seremonial semata tetapi harus menjadi sebuah momentum untuk melakukan refleksi terhadap seluruh proses penyelenggaraan pendidikan di lingkup IAIN Ambon.

“IAIN Ambon harus melakukan intropeksi, sampai dimana kesiapan menghadapi berbagai tantangan pembangunan di bidang ekonomi, politik, hukum, dan sosial-budaya,” tegasnya.

Dijelaskan Gubernur Murad, tantangan kompetisi masyarakat global berakibat pada semakin ketatnya persaingan lulusan perguruan tinggi di pasar tenaga kerja. Terlebih lagi, pada masa pandemi Covid-19 yang menyebabkan perlambatan ekonomi, penutupan banyak perusahaan, pemutusan hubungan kerja, dan dampak-dampak negatif lainnya pada hampir di semua sektor kehidupan.

“Karena itu, saudara-saudari wisudawan dan wisudawati, jangan cepat puas dengan apa yang dicapai hari ini. Kalian harus terus belajar menambah pengetahuan dan wawasan, juga pengalaman, sehingga dapat menjadi warga negara yang berdaya guna, dan berhasil guna bagi masyarakat,” imbaunya.

Gubernur Murad menambahkan, harapan besar kepada seluruh civitas akademika IAIN Ambon untuk terus berbenah meningkatkan profesionalisme, mengembangkan mutu pendidikan, terus berinovasi, dan rajin melakukan berbagai penelitian, serta menciptakan terobosan ilmiah yang bermanfaat bagi masyarakat, daerah, bangsa dan negara.

“Pemerintah Provinsi Maluku akan terus berkomitmen untuk mendukung kemajuan semua lembaga pendidikan di daerah ini, guna mempersiapkan SDM yang berkualitas dalam mengisi pembangunan,” pungkasnya.

Pos terkait