Kapal Pengangkut BBM Terbakar Saat Bongkar Muat Di Banda

  • Whatsapp

Banda, MalukuPost.com – Peristiwa kebakaran kapal motor terjadi di Banda Neira, Kabupaten Maluku Tengah, kamis (26/08/2021).

Kapal bermuatan Bahan Bakar Minyak (BBM) terbakar saat hendak bongkar muat BBM minyak tanah dari kapal ke darat yang baru saja dibawa dari Masohi.

Kapolsek Pulau-pulau Banda, Iptu Aris dikonfirmasi mengenai hal ini, mengatakan peristiwa terbakarnya kapal milik Husein Labiru terjadi sekitar pukul 15:20 WIT, saat lepas sauh di perairan Dusun Pantai Sero RT:05 Negeri Kampung Baru.

“Jadi ada 20 drum yang rencananya akan dibongkar. Saat dibongkar, selang alkon itu terlepas, minyak terpecik ke mesin alkon sehingga timbulah kebakaran,”urainya.

Aris menandaskan, karena banyaknya muatan minyak yang diangkut kapal yang terbuat dari bahan kayu itu, menyababkan api cepat menyebar sehingga dua dua ABK, La Kompo dan Rustam terpaksa menyelamatkan diri dengan cara melompar ke laut.

“Setelah hampir dua jam terbakar barulah api berhasil dipadamkan oleh personil Banda dibantu warga sekitar. Tidak ada korban jiwa, hanya La Kompo saja yang sempat kena api, tapi kemudian keduanya loncat ke air. sementara kerugian dari insiden mencapai Rp350 juta baik dari BBM diangkut maupun kapal,” pungkasnya.

Pos terkait