Selamat Jalan Pastor Böhm

  • Whatsapp
Pastor Cornelis Johannes Böhm, MSC (foto fb jacky manuputty)
Pastor Cornelis Johannes Böhm, MSC (foto fb jacky manuputty)

Laporan Rudi Fofid-Ambon

Malukupost.com – Kabar duka datang dari Keuskupan Amboina. Pastor Cornelis Johannes Böhm, MSC, satu-satunya Misionaris Belanda yang masih bertugas di Maluku akhirnya berpulang. Kabar kepergiannya cepat merebak di media sosial.

“Umat terkasih,
Ada dukacita mendalam meliputi hati Bapa Uskup bersama Pastores dan Umat Katolik Keuskupan Amboina. Bahwasanya sore ini baru saja meninggal Imam yang sangat kita kasihi: RP. Cornelis J. Böhm, MSC. Beliau kita kenal bersama sebagai Imam yang sungguh mendedikasikan hidupnya tanpa lelah, bahkan hingga usia uzurnya bagi mereka yang kecil juga demi perkembangan iman kekatolikan di Bumi Maluku ini. Karenanya bersama mari kita mendoakan jiwa dari Pater Böhm. Jalan menuju surga semoga terlapangkan bagi beliau,” demikian berita yang disebarkan akun resmi facebook Keuskupan Amboina, Jumat (20/8) petang tadi.

Pimpinan MSC Wilayah Maluku Pastor Yoseph Rettob MSC juga menyampaikan pemberitahuan secara internal tentang saat-saat terakhir Pastor Böhm.

“Konfrater, Pastor Böhm MSC biasanya pukul 16.00 sore, selalu sudah siap di kantornya di Sekolah Tinggi Pendidikan Agama Katolik (STPAK) St. Yohanes Penginjil untuk bekerja. Dan itu juga yang beliau lakukan hari ini. Namun entah kenapa beliau terjatuh. Kemudian diantar ke rumah sakit, tapi tak tertolong lagi,” demikian pemberitahuan Pimpinan MSC Maluku.

Berita kepergian Pastor Böhm langsung menyebar luas di akun media sosial. Ucapan bela sungkawa pun mengalir dari kalangan Gereja Katolik maupun umat beragama lainnya.

“Selamat jalan dalam kedamaian sorgawi, PATER CORNELIS JOHANNES BOHM, missionaris terakhir asal Belanda di Keuskupan Amboina. Terima kasih untuk semua pengabdianmu. Kami akan selalu mengenangmu,” tulis Sekretaris Umum Persekutuan Gereja-Gereja di Indonesia (PGI) Pendeta Jacky Manuputty di dinding facebook, beberapa saat setelah kabar kepergian Pastor Böhm disampaikan pihak Keuskupan Amboina.

Dari Yogyakarta, tokoh Katolik Robert B. Baowollo yang pernah bekerja di Keuskupan Amboina memberi komentar di bawah status Pendeta Jacky Manuputty.

“Misionaris dan gembala sederhana yg sangat dekat dengan umat. Keteladanan yg sdh menjadi barang langka di antara para imam yg gembala,” tulis Baowollo.

Dari Ternate, Maluku Utara, Pastor Paroki setempat juga menyampaikan bela sungkawa melalui akun media sosial.

“Pastor Paroki Santo Willibrordus Ternate dan seluruh umat Paroki Santo Willibrordus Ternate, berdukacita atas meninggalnya RP. Cornelis Johanes Böhm MSC. 😭😭 Beristirahatlah dalam damai Tuhan Pastor🙏🙏 Jadilah pendoa bagi kami yang masih berjuang di dunia🙏🙏🙏.” Demikian tertuang di akun facebook paroki.

Berbagai kalangan pun membuat postingan duka dan kenangan dengan menyertakan foto-foto bersama Pastor Böhm. Ribuan komentar dan postingan duka cita memenuhi laman media sosial.

Sementara itu, di Gereja Katedral Santo Fransiskus Xaverius Ambon, seusai Misa Requiem, tadi malam, kelompok-kelompok umat masih berdatangan memanjatkan doa di sekitar altar, tempat jenazah Pastor Böhm disemayamkan, sebelum dimakamkan di Ahuru, Karangpanjang, hari Sabtu (21/8).

Hujan yang mengguyur Ambon sepanjang hari, tidak menghalangi niat warga untuk datang melayat Pastor Böhm yang dikenal sebagai pekerja keras, disiplin, dan rendah hati ini. (Malukupost)

Pos terkait