Orno: Makna Haornas Pemerintah dan Masyarakat Wajib Memajukan Olahraga Secara Masif

  • Whatsapp

Ambon, MalukuPost.com – Pemerintah Provinsi (Pemprov) Maluku memperingati Hari Olahraga Nasional (Haornas) ke-38, yang digelar di lantai tujuh kantor Gubernur, kamis (09/09/2021), dipimpin Wakil Gubernur, Barnabas Orno, dibawah sorotan tema Grand Desain olahraga nasional menuju Indonesia Maju.

Wakil Gubernur (Wagub) Maluku Barnabas Orno, menyatakan tema yang diusung pada HAORNAS tahun ini memiliki makna pemerintah dan masyarakat berkewajiban untuk memajukan olahraga secara masif sesuai arahan Presiden Jokowi, dimana beliau mengarahkan untuk mereview total terhadap ekosistem olahraga nasional.

“Untuk itu, olahraga yang sudah tumbuh dan berkembang di Indonesia dan sedang menuju ke arah kondisi bahwa olahraga menjadi budaya hidup sehat. Apalagi dalam masa pandemi Covid-19 ini, dimana betapa pentingnya olahraga untuk meningkatkan imunitas tubuh agar kesehatan kita terjaga dan melindungi kita dari berbagai virus berbahaya,” ungkapnya.

Wagub Orno katakan, selain itu, olahraga memiliki maksud untuk mencapai derajat sehat dan bugar yang memadai, sebagai aset nasional yang melandasi ketahanan nasional, dimana dapat mengembangkan usaha di berbagai sektor agar lebih produktif.

“Sejauh ini saya menilai minat masyarakat terus meningkat untuk berolahraga, dan saya berharap ini akan menjadi budaya orang Maluku yang akan kita warisi ke anak dan cucu kita nanti,”ujarnya.

Wagub Orno mengakui, saat ini Maluku memiliki potensi sumber daya manusia luar biasa yang dapat digiring agar menjadi atlet-atlet berbakat, untuk itu diperlukan upaya-upaya strategis dalam mengelola sistem perekrutan pembinaan dan pengembangan atlet.

“Terhadap hal tersebut, melalui momentum HAORNAS ke-38 ini, saya mengajak seluruh elemen masyarakat untuk bersama-sama berkomitmen untuk mengoptimalkan sistem pembinaan dan pengembangan olahraga yang terintegrasi untuk memajukan olahraga di Maluku,”tandasnya.

Dijelaskan Wagub Orno, dalam momentum itu juga akan diberikan penghargaan sebagai bentuk kepedulian dari pemerintah dalam memberikan apresiasi kepada para olahrawagawan yang memiliki bakat dan prestasi serta berdedikasi yang telah berjuang mengharumkan nama bangsa dan negara serta daerah ini melalui olahraga.

“Pemberian penghargaan olahraga merupakan cetusan aspirasi dari pemerintah dan masyarakat yang memiliki kepedulian terhadap insan olahragawan yang memiliki kepedulian terhadap insan olahraga dan merupakan dorongan kepada segenap elemen masyarakat untuk aktif berolahraga disepanjag hayat,” katanya.

“Terlepas hal tersebut, bebernya beberapa waktu kedepan akan diadakan pekan olahraga nasional ke-XX dab pekan paralyimpic nasional ke-XVI di Papua. Untuk itu, berbagai persiapan untuk mengikuti pentas olahraga tersebut harus disiapan dengan matang dan lebih optimal, agar diperoleh hasil yang lebih baik,” katanya lagi.

Bagi para atlet yang akan bertanging nanti, Wagub Orno berharap untuk berlatih dengan maksimal, kobarkan semangat, dan pantang menyerah.

“Raihlah prestasi terbaik yang akan membuat kalian menjadi sejarah di masa depan,” pungkasnya.

Pos terkait