Pemkot Ambon Diminta Kelola Sampah Agar Tidak Jadi Beban Masyarakat

  • Whatsapp
Jhonny Wattimena

Ambon, MalukuPost.com – Ketua Komisi III DPRD Kota Ambon, Jhonny Wattimena meminta pemerintah kota (Pemkot) Ambon serius dalam proses pengolahan sampah agar tidak menjadi beban masyarakat.

“Jadi komisi III bermitra dengan Dinas Lingkungan Hidup dan Persampahan (DLHP). Memang selama ini kami selalu mendorong Pemerintah Kota (Pemkot) Ambon untuk terus membenahi sistem pengelolaan sampah di Kota Ambon,” ungkapnya di Ambon, Kamis (09/09/2021).

Wattimena katakan, beberapa sarana prasarana memang sudah dimiliki namun tidak efektif dipergunakan seperti Pengolahan Sampah Terpadu (PST), bahkan armada yang dimiliki oleh Pemkot untuk mengangkut sampah setiap hari ini juga harus dievaluasi.

“Selain itu, jika ingin menambah armada dan meningkatkan proses pengelolaan atau penanganan sampah, maka harus mengkaji ulang Perda retribusi sampah,” tandasnya.

Menurut Wattimena, sampai dengan saat ini soal retribusi sampah khususnya sampah rumah tangga, target PAD-nya tidak pernah mencukupi, dikarenakan penyetoran retribusi sampah itu hanya masih dikhususkan bagi ASN di kota Ambon.

“Oleh karena itu, komisi III berharap yang pertama masyarakat juga membantu pemerintah dalam rangka pembayaran retribusi sampah rumah tangga khususnya. Jika belajar dari beberapa Kabupaten/Kota di Maluku, proses penanganan sampah juga harus melibatkan masyarakat,” katanya.

“Jadi bagaimana kita bisa memilah sampah-sampah yang bisa menjadi bahan-bahan dasar untuk pupuk atau di daur ulang, kemudian untuk sampah yang tidak bisa dikelola lagi baru masuk ke TPA. Dan sepanjang itu bisa dikelola oleh masyarakat, maka harus ada kerjasama antara Pemkot dan masyarakat paling tidak untuk tingkatan desa kelurahan sampai ke RT/RW-nya,” katannya lagi.

Wattimena menambahkan, proses pengelolaan sampah tidak boleh luput dari perhatian Pemkot Ambon, agar tidak menjadi beban masyarakat.

“Jadi memang betul setiap tahun Kota Ambon mendapatkan penghargaan namun proses pengelolaan sampah ini harus menjadi perhatian serius bagi Pemkot supaya tidak menjadi beban masyarakat. Kemudian sarana tempat pembuangan sampah juga belum dibangun di setiap wilayah kecamatan di Kota Ambon,” pungkasnya.

Pos terkait