DLH Maluku Bangun Tempat Pembakar Limbah Medis Di Suli

  • Whatsapp
Kepala Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Maluku, Roy Siauta
Kepala Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Maluku, Roy Siauta

Ambon, MalukuPost.com – Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Provinsi Maluku sementara membangun tempat pembakar limbah medis (incinerator) di Desa Suli, Kecamatan Salahutu, Kabupaten Maluku Tengah, pulau Ambon.

Kepala DLH Maluku, Roy Siauta menyatakan bantuan mesin pembakar limbah dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan dibangun diatas lahan 1,5 hektar itu kini telah masuk pada tahapan pembangunan dari sebelumnya land clearing.

“Yang sekarang sudah selesai land clearing, sementara ini lagi pembangunan fondasi bangunan,”ujarnya di Ambon, Senin (11/10/2021).

Roy katakan, pembangunan incinerator ditargetkan selesai akhir desember 2021 atau awal januari 2022.

“Kalau memang proses pembanguman ini dia jalan lancar mungkin akhir desember atau paling lambat januari sudah selesai dan langsung beroperasi,”imbuhnya.

Menurut Roy, kehadiran incinerator akan berdampak baik terhadap pengelolaan limbah di Maluku, khususnya Ambon dan Maluku Tengah.

“Jadi kita sangat mendorong ini, untuk menjawab persoalan pengelolaan limbah medis umum maupun Covid-19. Hal ini dikarenakan seluruh RS yang sebelumnya mempunyai alat insenerator tidak layak untuk mengelola limbah medis atau limbah covid-19,”ungkapnya.

Roy menandaskan, kehadiran incinerator berdampak positif terhadap berbagai hal, mulai peningkatan pendapatan asli daerah (PAD), pembangunan jalan, serta tenaga kerja.

“Untuk PAD karena selurub RS akan retribusi ke dimas pendapatan, kemudian masyarakat di sekitarnya bisa bekerja baik tahap konstruksi maupun operasional,” katanya.

“Selain itu jalan yang tadinya rusak menuju pemakaman umum masyarakat negeri suli, sesuai rencana akan diaspal dari jalan utama sampai lokasi dan itu bisa dimanfaatkan oleh masyarakat ke TPA atau perkebunan masyarakat,”katanya menambahkan.

Pos terkait