Tertarik Kripik Daun Kelor, Direktur Malindo Kunjungi UMKM Soyama

  • Whatsapp

Ambon, MalukuPost.com – Manfaat daun kelor yang bisanya dijadikan sayur tentunya sudah tidak diragukan lagi. Kandungan yang terdapat dalam daun kelor adalah vitamin A, vitamin B1, vitamin B2, vitamin B3, vitamin C, folat, kalsium, kalium, besi, magnesium, fosfor, dan seng. Selain itu, daun kelor juga mengandung lemak dalam kadar yang sangat rendah dan tidak memiliki kolesterol berbahaya.

Tak heran, Kelompok Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) Soya Malindo (Soyama) memanfaatkan daun kelor untuk dijadikan keripik yang gurih rasanya.

Kelompok UMKM Soyama merupakan binaan dari Lembaga Pengembangan Teknologi Tepat Guna Masyarakat Lokal Indonesia (LPTTG Malindo) yang beberapa waktu lalu berkerjasama dengan Pemerintah Kota Ambon untuk melakukan pelatihan kepada kelompok-kelompok usaha dalam rangka mengembangkan potensi produk lokal yang ada di lingkungan masyarakat di wilayah Kota Ambon.

Direktur Malindo, Sakarudin, tertarik dan turun langsung untuk meninjau kegiatan produksi keripik daun kelor, yang pengerjaannya masik banyak dilakukan secara manual oleh para ibu rumah tangga, juga dengan keterbatasan alat dan mesin pengolah.

Sakarudin mengatakan, saatnya masyarakat mengolah hasil pangan lokal untuk dijadikan usaha mikro kecil dan menengah, sehingga kedepan dapat membantu meningkatkan perekonomian keluarga.

“Olehnya itu masyarakat perlu diberikan keterampilan dalam rangka memperbaiki SDM, mulai dari pusat sampai ke tingkat yang paling bawah, yaitu desa/negeri dan kelurahan,” ujarnya di Ambon, Selasa (19/10/2021) saat memberikan arah kepada Kelompok UMKM Soyama yang berlangsung di Kantor Pemerintah Negeri Soya, Selasa (19/10/2021).

Menurut Sakarudin, yang disebut UMKM itu rakyat bekerja dan berpendapatan. Makanya digalakan untuk membuat usaha kecil dari pangan lokal yang ada di sekitar.

“Marilah kita mulai dari hal-hal yang kecil, begitu juga dengan berpendapatan kecil,maka saya percaya kalau kita tekun dan mau bekerja keras serat berusaha maka akan menghasilkan hal-hal yang besar,” pungkasnya.

Pos terkait