Tuasikal: Pelantikan Upulatu Inta Lilipory Kalapessy Sebagai Wujud Nyata Pelestarian Tatanan Adat

  • Whatsapp

Masohi, MalukuPost.com – Bupati Maluku Tengah, Tuasikal Abua menyatakan pelantikan Upulatu Inta Lilipory Kalapessy sebagai wujud nyata pelestarian tatanan adat dalam melahirkan figur seorang pemimpin, sekaligus meneguhkan eksistensi Negeri Soahuku sebagai salah satu Negeri adat di Kabupaten Maluku Tengah.

“Kecintaan dan kepedulian masyarakat yang dilakukan melalui tradisi Pelantikan adat Raja disaat ini sebagai suatu prosesi identitas tradisional dalam upaya untuk melestarikan tradisi adat dan hukum adat yang berlaku,” ujarnya di Negeri Soahuku, Kamis (21/10/2021) pada acara pelantikan Adat Upulatu Inta Lilipory Kalapessy.

Menurut Tuasikal, kesadaran dan pemahaman masyarakat terhadap penobatan dan pelantikan Raja secara adat, diharapkan warisan adat dalam pemerintahan lokal yang dipelihara secara turun temurun.

“Berfungsi merawat identitas adat dan sosial budaya serta melahirkan anak-anak negeri yang memahami dan menghargai sejarah asal usul, dan adat istiadat dan diakui oleh Negara dalam berbagai aturan hukum dalam penyelenggaraan pemerintahan negeri,” tandasnya.

Tuasikal berharap, masyarakat adat Negeri Soahuku terus menjaga dan melastarikan warisan leluhur dan tradisi adat yang ada di Negeri demi mencapai keharmonisan, kearifan lokal, kedamaian dan kesejahteraan masyarakat.

“Terkait tugas dan tanggung jawab selaku penanggungjawab penyelenggaraan pemerintahan di negeri, maka saya berharap kepada saudara Salmon W. Tamaela, S.Sos selaku Kepala Pemerintah Negeri Soahuku, agar selalu mengutamakan kepentingan masyarakat dan negeri yang benar-benar dilakukan dengan tulus dan niat baik untuk memajukan masyarakat dan negeri ini, dengan tetap berpedoman pada pada peraturan perundang-undangan yang berlaku,” ungkapnya.

Tuasikal mengimbau masyarakat agar selalu bekerjasama dan bergandeng tangan, bahu membahu, saling menghargai dan menghormati, memantapkan ikatan kekeluargaan sebagai orang basudara serta terus mengembangkan semangat kebersamaan dalam pembangunan dalam upaya membangun Kabupaten Maluku Tengah yang dicintai bersama.

“Mudah-mudahan kebersamaan hidup, nilai-nilai adat dan budaya yang ada di negeri ini dapat terus dipertahankan dan dilestarikan untuk kemajuan dan kesejahteraan masyarakat Negeri Soahuku,” pungkasnya.

Pos terkait