Yayasan Darul Mujaddid Gelar Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW

  • Whatsapp

Labuha, MalukuPost.com – Yayasan Darul Mujaddid, TKIT Darull Mujaddid Dan SDIT Al-Mujaddid Kabupaten Halmahera Selatan (Halsel) menggelar acara peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW 12 Rabiul Awal 1443 Hijriyah 2021 Masehi yang digelar di Kampung Makian, Sabtu (23/10/2021) dengan menerapkan protokol kesehatan (prokes) secara ketat.

Ketua Panitia, Hardin mengatakan, peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW yang diselenggarakan itu yang mengusung tema “Meneladani Rasulullah Dalam Membangun Generasi Muda Cerdas Dan Berakhlak Mulai” merupakan agenda rutin yang dilaksanakan setiap tahun.

“Selain menyambut hari kelahiran Nabi, kegiatan ini juga diharapkan menjadi momentum memperbaiki diri dan menadalani sifat Rasulullah SAW sebagaimana tema peringatan yakni Meneladani Rasulullah Dalam Membangun Generasi Muda Cerdas Dan Berakhlak Mulai,”ujarnya.

Hardin katakan kegiatan tersebut murni atas kerjasama dari teman-teman guru Al-Mujaddid sembari menyampaikan terima kasih kepada semua pihak yang kompak membantu suksesnya acara perayaan maulid nabiitu.

“Lebih terkhusus kepada mama Rara dan mama fais selaku ketua komite SDIT Al-Mujaddid, yang telah banyak memberikan kontribusi Materi, akomodasi dan juga perlengkapan, sehingga kegiatan perayaan maulid nabi ini bisa berjalan dengan baik,” bebernya.

Sementara Ketua yayasan SDIT Al-Mujaddid, Karnawi Hasani, mengapresiasi kegiatan peringatan hari kelahiran Rasulullah itudan berharap, menjadi ajang silaturahmi bagi umat Islam guna menguatkan ukhuwah Islamiyah demi masa depan yang lebih baik untuk semua.

“Dari kegiatan ini semoga dapat memetik makna ajaran Nabi, mengikuti budi pekerti dan perilaku sebagaimana yang terkandung dalam kitab suci Al Quran dan Hadits Nabi, yang merupakan pedoman dalam menjalani kehidupan sehari-hari,” tandasnya

Karnawi menyampaikan terima kasih kepada orang tua murid yang telah berpartisipasi aktif dalam rangka menyukseskan kegiatan itu, sebagai bentuk konsolidasi bahwa pendidikan bukan hanya menjadi tugas dan tanggung jawab pihak yayasan, dan para guru saja, akan tetapi peran serta orang tua murid juga merupakan hal terpenting dalam rangka memajukan pendidikan yang bermutu di Halsel.

“Kami bisa bersinergi antara orang tua, yayasan dan pemerintah daerah (Pemda), Pendidikan ini bukan hanya tanggung jawab pemerintah daerah, tetapi tangung jawab masyarakat, dan yayasan itu bagian dari masyarakat itu sendiri. Jadi kita mau buat bahwa pendidikan itu modelnya seperti apa. ya,,! Kita harus berpartisipasi tidak melepas kepada pemerintah begitu saja.” katanya.

“Untuk saat ini jumlah tenaga pengajar kita dari TK, sebanyak 3 orang dari SD sebanyak 6 orang yang yang satunya itu PNS semuanya itu guru bantu, semua pembiayaan pun dari yayasan bahkan pembiayaan pun itu partisipasi dari orang tua murid dengan pihak yayasan, pihak pemerintah daerah (Pemda) Halsel, sebagai bagian dari tanggung jawab kita bersama, bahwa tanggung jawab pendidikan bukan hanya dilimpahkan ke Pemerintah daerah saja, tetapi juga tanggung jawab masyarakat,”katanya lagi.

Asisten III Bidang pembangunan Kabupaten Halsel, Chairudin A. Rahman mengatakan semua orang harus punya catatan-catatan kecil, bahwa apa yang diingatkan para ulama jangan sampai di alam kubur baru menyesal, tidak pernah berbuat sedekah. Kepada seluruh orang tua murid yang punya kelebihan bahwa ini adalah waktunya, untuk berbuat sesuatu bagi masa depan yang kekal.

“Bahwa apa yang diambil oleh ketua Pembina SDIT Al-Mujaddid, Umar Hi Soleman sebagai ketua DPD partai Golkar Halsel dan Asnawi Lagalante sebagi ketua partai Gelora ini sangat tepat dalam membangun tempat belajar buat generasi kita, dimulai dari kemampuan, tenaga, maupun uang yang kita miliki saat ini. maka mari kita sama-sama mendorong generasi kita kedepan, maka yang harus kita dorong adalah manfaatkan lewat investasi-investasi generasi kedepan, kami juga pernah berbuat sesuatu walaupun itu hanya sedikit, tetapi paling tidak ada manfaatnya.” sembari menambahkan jangan sampai tiba saatnya sudah tidak punya apa-apa di waktu memimpin, tidak pernah berbuat barulah menyesal, sebelum semua itu terjadi maka mari bersama-sama berkolaborasi demi kemajuan pembangunan di bidang Pendidikan yang ada di Halmahera Selatan.

Sementara Asnawi Lagalante, selaku dewan pembina SDIT Al-Mujaddid, menyatakan yayasan itu berdiri kurang lebih 3 tahun lalu dan sudah memiliki gedung sekolah permanen, mulai dari TKIT DARULL Mujaddid, dan SDIT Al-Mujaddid, dan sampai pada fase 4 SD, dengan jumlah siswa di mulai dari TK sampai pada tingkat SD sudah memasuki 70 sekian orang.

“Alhamdulillah di usia yang cukup baru kita mulai untuk mengambil bagian dari sekian banyak bagian yang terpenting yang menjadi tanggung jawab kita semua, tetapi ini adalah bagian terpenting dari sekian banyak penting itu semua. Untuk itu pada momentum maulid nabi ini banyak pelajaran besar yang kita ambil dari baginda Nabi Muhammad Saw,” katanya.

“Kalau kita menyiapkan generasi kita saat ini yang masih TK,SD dan SMP yakin dan percaya sepuluh tahun yang akan datang mereka-mereka inilah yang akan memimpin kita. Untuk menyiapkan semua itu maka perlu kita sama-sama, tidak mungkin hanya sebagian orang terlepas dari latarbelakang kita masing-masing, apapun latarbelakang mulai dari politisi, dan lain sebagainya, tetapi ini adalah tanggung jawab kita bersama,” katanya menambahkan. (Id)

Pos terkait