KPPN Tual Gelar Sosialisasi Penggunaan Digipay Dan Cash Management System

Tual, MalukuPost.com – Kepala KPPN Tual, Royikan menjelaskan, membangun sebuah sistem pasar secara online atau DigiPay, menghubungkan instansi pemerintah pusat pengelola uang persediaan dengan para pelaku UMKM di seluruh Indonesia.

Hal tersebut disampaikannya disela-sela kegiatan Sosialisasi Mekanisme Penggunaan DigiPay serta Pembayaran Menggunakan Cash Management System (CMS) dan Kartu Kredit Pemerintah (KKP) Triwulan II Tahun 2022, Selasa (28/6/2022).

Menurutnya, DigiPay dibangun berdasarkan tuntutan ketentuan peraturan perundang-undangangan di bidang pengelolaan keuangan negara.

Sejumlah manfaat yang diperoleh Satuan Kerja yang menggunakan DigiPay, salah satunya adalah kemudahan transaksi dimana saja dan kapan saja dengan tetap mengedepankan akuntabilitas dalam pelaksanaan pembayaran APBN.

”Pertama, pembayaran kepada vendor harus dibayarkan setelah dipastikan barang/jasa diterima, kedua seluruh transaksi wajib memenuhi ketentuan perpajakan, dan yang ketiga telah memenuhi mekanisme check and balance antar para pelaku pengadaan,” kata Royikan.

Secara sistem, DigiPay telah memenuhi asas-asas dalam Pengelolaan Keuangan Negara dan satker dapat memanfaatkan aplikasi ini untuk menujang percepatan penyerapan anggaran dan bagi vendor dapat menjajakan produk/jasa-nya kepada instansi pemerintah dalam satu sistem online yang handal.

Royikan menambahkan, dalam rangka mendukung program DigiPay, Bank Rakyat Indonesia mengenalkan aplikasi Digipay002 yang merupakan kolaborasi antara BRI dengan Kementerian Keuangan untuk membantu proses pengadaan untuk pemenuhan kebutuhan kantor sehari-hari.

Digipay002 juga memiliki dua opsi cara pembayaran, yaitu menggunakan CMS dan Kartu Kredit Pemerintah (KKP).

”CMS adalah layanan yang memungkinkan nasabah memperoleh informasi mengenai rekeningnya, melakukan manajemen likuiditas, serta bertransaksi secara swalayan secara online real-time tanpa batasan tempat dan waktu,” jelasnya.

KPPN Tual bersama BRI mengajak Satuan Kerja untuk menggunakan DigiPay sebagai platform transaksi bagi Satuan Kerja pengguna APBN dengan memberikan penjelasan terkait proses bisnis dari alur pendaftaran akun DigiPay sampai dengan tata cara penggunaan Digipay dan pembayarannya serta fitur-fitur lain di dalamnya yang sangat membantu Satuan Kerja.

Pos terkait