POPMAL ke-IV 2022 Dibuka, Ketua KONI Maluku Paparkan 5 Poin Penting

Ambon, MalukuPost.com – Ketua Umum KONI Maluku, Irjen. Pol. Drs. Murad Ismail membeberkan lima poin penting dalam pelaksanaan POPMAL ke IV 2022.

Kelima poin penting ini ia paparkan dalam sambutannya di acara pembukaan POPMAL ke-IV 2022, yang berlangsung di Lapangan Merdeka, Ambon, Kamis (17/11/2022).

Sebelumnya, Murad yang juga merupakan Gubernur Provinsi Maluku ini menyampaikan selamat datang kepada Ketua KONI Pusat Letjen (Purn) Marciano Norman.

“Atas nama pemerintah daerah provinsi Maluku kami menyampaikan selamat datang, kepada ketua umum koni pusat di Kota Ambon, Maluku, bumi raja-raja,” ungkap Murad.

Dikatakan, terkait dengan kegiatan ini ada beberapa hal yang perlu disampaikan kepada seluruh atlet, panitia penyelenggara, para juri maupun pendamping serta seluruh Bupati dan Wali Kota se Maluku.

“Ada Lima poin di sini. Pertama kepada para juri dan penyelenggara, tegakkan keadilan dan kejujuran serta berikan penilaian secara objektif. Saya minta kepada juri dan hakim maupun penyelenggara, jangan sesekali mengecewakan anak-anak kita yang ikut bertanding pada POPMAL hari ini,” jelasnya.

Ditegaskan, tidak boleh ada ego sektoral, ego marga, family maupun sebagainya. Kalaupun ada, dirinya meminta agar segera dilaporkan langsung kepadanya, agar diberikan sangsi tegas.

“Kalau ada laporan ke saya bahwa juri-juri penyelenggara tidak jujur, saya coret untuk selama-lamanya tidak perlu berada di koni Maluku. Kalau kita hidup kita tidak tegaskan sampai kapan kita bisa menjadi hebat,” ujarnya.

Point kedua, Gubernur meminta para atlet menunjukan sportivitas dan profesional dalam bertanding.

“Tunjukkan sportivitas dan profesional dalam bertanding, tidak perlu ada pertikaian apapun tersinggung atau apa saja, saya minta tidak ada atlet yang menunjukkan sikap tidak terpuji dalam cabang olahraga apa saja atletnya ribut, atletnya tidak menunjukkan profesionalisme, dan sikap tidak terpuji saya coret dari atlet itu. Karena kalau kita tidak melakukan langkah-langkah yang tegas dan keras kita sampai kapanpun tidak pernah bisa melangkah maju,” tegasnya.

Adapun point yang ketiga, suporter dan pendukung diminta tunjukkan sikap kebersamaan dan hindari perselisihan dan perkelahian. Kemudian yang keempat Gubernur mengharapkan para Bupati dan Wali Kota untuk terus melakukan pembinaan dan pengembangan olahraga di daerahnya masing-masing sebagai wujud keberlanjutan pengembangan olahraga di Maluku.

“Dan yang kelima kepada penyelenggara, laksanakan tugas dengan penuh rasa tanggung jawab untuk mencapai sukses dalam pelaksanaan, sukses prestasi, dan sukses administrasi. Tidak ada korupsi di situ, penyelenggara hati-hati semua uang yang kita keluarkan itu ada pertanggungjawaban,” tutup Gubernur.

Sementara itu, Ketua Umum KONI Pusat Letjen (Purn) Marciano Norman, mengucapkan terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya, kepada Gubernur, Bupati dan Walikota serta panitia pelaksana yang memungkinkan pekan olahraga Provinsi Maluku keempat 2022 ini dapat berlangsung.

“Saya berharap Popmal ini mencerminkan hasil pembinaan olahraga yang dilakukan oleh Koni-Koni Kabupaten Kota dan oleh ketua pengurus cabang olahraga tingkat kabupaten kota, sehingga kabupaten kota yang terbina dengan baik akan mendapatkan prestasi yang juga memadai,” kata Marciano.

Dengan demikian, dirinya mengajak semuanya baik para peserta, hakim, serta juri untuk menjunjung tinggi sportivitas sesuai dengan arahan Gubernur.

“Besar harapan saya sekali lagi kita bersama akan menjadi saksi untuk atlet-atlet muda Maluku yang kelak akan selalu mengibarkan bendera merah putih mengumandangkan lagu Indonesia raya pada setiap keikutsertaan mereka membela Tim Nasional Indonesia,” tutup Marciano sembari membuka POPMAL ke-IV 2022 ditandai dengan pemukulan tifa.

Pos terkait