Ini Syaratnya Jika Pasien Covid-19 Ingin Karantina di Rumah

  • Whatsapp
Ketua Pelaksana Harian Penanganan Pencegahan Covid-19 Provinsi Maluku, Kasrul Selang

Ambon, MalukuPost.com – Ketua Pelaksana Harian Penanganan Pencegahan Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) Maluku, Kasrul Selang menyatakan, ada Lima persyaratan yang dipenuhi jika keluarga menginginkan pasien Covid-19 menjalani karantina di rumah.

“Kelima persyaratan tersebut yakni pertama kondisi medis dari pasien tersebut. Kedua, kondisi rumahnya agar virus tidak menyebar ke seluruh anggota keluarga. contohnya kamar tidur, toilet atau kamar mandi yang ada di dalam rumah harus minimal ada dua. Satu untuk pasien dan satunya untuk keluarga,” ujarnya di Ambon, Selasa (16/5).

Kasrul katakan, persyaratan ketiga yaitu kondisi kesehatan anggota keluarga yang ada di dalam rumah itu sendiri.

“Jangan sampai ada yang rentan terpapar Covid-19 seperti , ibu hamil atau lansia,” tandasnya.

Yang kempat, memastikan seluruh warga mendukung.

“Keluarga harus memastikan bahwa warga setuju, jangan sampai ada warga yang tidak setuju,”tegasnya.

Yang kelima, apakah tim medis disitu cukup atau tidak??.

“Jika keluarga terima dan setuju dengan persyaratan ini, tindaklanjutnya pulang dan buat surat dan segala macam, maka kita akan proses, ini berlaku untuk semua pasien Covid-19 jika menginginkan menjalani karantina di rumah,”bebernya.

Kasrul menambahkan, upaya pemerintah untuk melakukan karantina kepada seluruh pasien Covid-19 semata-mata hanya karena ingin memutus mata rantai penyebaran Covid-19.

“Jadi kita upayakan agar supaya virus ini tidak menyebar ke keluarga atau orang lainnya, karena itu kita ingin memutus mata rantai penyebar Covid-19,”pungkasnya.

Pos terkait