Pemuda Marga Renwarin Tegaskan Wajib Menggunakan Masker Di Ohoi Langgur

  • Whatsapp
Vinansius Renwarin, Ketua Pemuda Marga Renwarin Ohoi Langgur.

Langgur, Malukupost.com – Pencegahan terhadap mewabahnya Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) di Maluku Tenggara (Malra), bukan hanya menjadi tanggung jawab pemda setempat, namun mejadi tanggung jawab semua elemen masyarakat, termasuk didalamnya pemuda-pemudi.

Aksi pembagian Selebaran oleh Pemuda-Pemudi Marga Renwarin Ohoi Langgur. Senin (1/6/2020)

Hal tersebut dibuktikan oleh Pemuda-Pemuda marga Renwarin di ohoi (desa) Langgur, dengan melakukan aksi turun di jalan sambil membagikan selebaran yang bertuliskan ANDA MEMASUKI KAWASAN OHOI LANGGUR, WAJIB MENGGUNAKAN MASKER.

Aksi tersebut mendapat dukungan penuh dari pihak TNI/Polri dan pemerintah ohoi Langgur.

Ketua Pemdua marga Renwarin ohoi Langgur, Vinansius Rewarin mengatakan, aksi yang dilakukan ini adalah bentuk kecintaan mereka terhadap ohoi. Selain itu, rasa keprihatinan yang muncul karena rendahnya tingkat kesadaran warga masyarakat memakai masker.

“Pemda Malra sudah membagikan masker, mulai dari daerah pekotaan sampai ke ohoi-ohoi, namun buktinya banyak warga yang tidak pakai masker itu. Kami sangat prihatin akan ini,” ujarnya di Langgur, Selasa (2/6/2020).

Renwarin mengungkapkan, warga masyarakat yang setiap hari melakukan aktifitas dan penggunaa kendaraan yang setiap hari melewati ohoi Langgur, banyak yang tidak menggunakan masker.

Lewat aksi ini, pihaknya ingin menyampaikan kepada seluruh warga masyarakat di Malra bahwa aksi pembagian selebaran ini juga sekaligus penegasan kepada seluruh warga bahwa memasuki ohoi Langgur wajihb hukumnya menggunakan masker.

“Saya tegaskan bahwa, aksi ini bukan berarti kami akan menutup akses (jalan) masuk ohoi Langgur, bukan itu. Kami ingin agar siapa saja yang mau memasuki ohoi kami harus pakai masker, karena kami ingin ohoi kami hijau dari covid-19,” tandasnya.

Untuk diketahui, aksi pembagian selebaran ini akan dilakukan setiap minggu kepada seluruh pejalan kaki, pengguna kendaraan yang melewati ohoi Langgur.

“Setiap hari senin, kami akan melakukan aksi bagi-bagi selebaran ini kepada warga, agar mereka baca dan dapat memahaminya. Setelah sosialisasi bagi-bagi selebaran, maka kami akan lakukan langkah tegas yakni jika ada yang masuk ohoi kami tanpa pakai masker maka kami akan suruh pulang untuk pakai masker,” tegasnya.

Aksi pembagian selebaran tersebut dilakukan pada tiga empat titik, yakni perempatan jalan depan toko Langgur, perempatan jalan menuju kampus STIA Langgur, depan Kantor Camat Kei Kecil dan terkahir pembagian selebaran kepada warga masyarakat dan para penjual di pasar Langgur, baik itu di lokasi pasar ikan mupun pasar sayur.

Disela-sela pembagian selebaran, para pemuda-pemudi marga Renwarin juga melakukan sosialisasi baik itu melalui pengeras suara maupun komunikasi langsung dengan warga, terkait pentingnya protokol kesehatan, salah satunya wajib menggunakan Masker.

Pos terkait