Update Vaksinasi Di Malra: Hari Ini Vaksin Didistribusikan Ke Puskesmas Dan Rumah Sakit

  • Whatsapp

Langgur, MalukuPost.com – Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Maluku Tenggara (Malra), dr. Katrinje Notanubun mengatakan, sesuai jadwal hari ini (Kamis, 28/1/2021) vaksin Covid-19 mulai didistribusikan ke seluruh puskemas dan rumah sakit.

“Rencananya hari ini akan didistribusikan ke puskesmas masing-masing langsung dua dosis untuk memudahkan karena mengingat situasi dan kondisi alam pada saat ini,” jelasnya di Langgur.

Selain itu, dirinya juga memastikan kesiapan tempat penyimpanan vaksin pada seluruh puskesmas serta rumah sakit serta sarana pendukungnya.

“Kami telah siapkan hari ini, karena bukan hanya vaksinnya saja yang kami distribuskan ke Puskesmas tapi termasuk semua kelengkapan pendukungnya baik itu jarum suntik hingga APD,” ungkapnya.

Terkait hal itu, dr. Notanubun yang juga Juru bicara Satgas Penanggulangan Covid-19 Malra mengungkapkan, pihaknya telah melaksanakan rapat bersama dengan para kepala puskesmas dan rumah sakit.

“Di setiap tempat penyimpanan akan ada termometer untuk mengukur dan mengecek suhunya. Jadi, harus tetap dalam suhu 2 – 8 derajat celsius,” tuturnya.

Dirinya melanambahkan, pendistribusian vaksin untuk wilayah Kei Besar yakni ke Puskesmas Elat, Ohoiel, Mataholat, Mun, dan Hoor.

Sementara untuk puskesmas Banda Eli dari Holat akan didistribusi ke Yamtel untuk selanjutnya dihantar di kedua puskesmas tersebut.

“Sedangkan untuk Larat dan Weduar karena situasi dan kondisi alam maka jalur pendistribusiannya akan melalui Elat sebelum ke Larat dan Weduar. Dan khusus untuk Puskesmas Feer, kami akan distribusikan dari Mastur menuju Feer,” tandasnya.

dr. Notanubun menegaskan, intinya adalah sarana pendukung baik ambulans maupun kendaraan roda dua dan kendaraan laut disiapkan untuk mendukung pelaksanaan distribusi vaksin tersebut.

“Dan untuk wilayah Kei Kecil tidak ada masalah dan akan didistribusikan langsung ke puskesmas masing-masing. Sementara khusus untuk Kei Kecil Barat akan didistribusikan langsung ke puskesmas Ohoira,” pungkasnya.

Pos terkait