Diduga Penjabat Kades Ikut Berperan Pada Kecurangan Pilkades Kamatubun-Seira

  • Whatsapp

Ambon, MalukuPost.com – Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak di Kabupaten Kepulauan Tanimbar telah dilaksanakan beberapa waktu lalu namun masih menyisakan persoalan dimana banyak terjadi dugaan kecurangan yang terjadi saat pelaksanaannya.

Dugaan terjadi kecurangan terjadi juga di Desa Kamatubun-Seira, Kecamatan Wermaktian terjadi dimana saat pelaksanaan pilkades ternyata telah beredar sekitar 200 lebih surat keterangan domisili yang diberikan kepada masyarakat sesuai perintah penjabat Kepala Desa setempat dan di Desa tersebut terdapat tujuh Tempat Pemungutan Suara (TPS).

“Pejabat Kades yang menyuruh petugas Pilkades print surat keterangan domisili sekitar 200-an lebih, dan ada yang dipakai oknum-oknum tertentu untuk mencoblos dua kali,” ujar Silas Balak, salah satu warga Desa Kamatubun-Seira saat dikonfirmasi melalui telepon, Minggu (07/03/2021).

Dijelaskan Balak, pelaksanaan Pilkades bernuansa kecurangan sangatlah terstruktur dan sistimatis dimana saat pelaksanaan pemilihan, petugas Pilkades menampung undangan pemilih, KTP, Kartu Keluarga (KK) dan keterangan berdomisili dan selanjutnya dilakukan pencoblosan tanpa berpatokan pada Daftar Pemilih Tetap (DPT).

“Misalnya di TPS 1 ada warga yang namanya ada di DPT dan memiliki kartu undangan pemilihan namun juga mengantongi surat keterangan domisili yang nantinya akan dipakai pada TPS lain di desa kami,” ungkapnya.

Menurut Balak, kalau sekian ratus orang ditambah KTP dengan KK, maka suara bisa mencapai 300-400 suara, hal itu didukung oleh pejabat kepala desa Patulen Ratulean Sairdekut.

“Diduga kuat ada keterlibatan camat dalam hal ini, Penjabat Desa sudah bekerja sama dengan camat, sedangkan untuk kepolisian tidak terlibat walaupun saat kejadian ada petugas polisi namun tidak mempedulikan kejadian ini,” bebernya.

Balak menambahkan, terkait kecurangan dan pelanggaran yang terjadi di Desa Kamatubun-Seira akan dilaporkan ke Kepolisian, Senin (8/3/2021).

“kami akan melaporkan hal ini hari senin besok,” tandasnya.

Pos terkait