Ini Empat Syarat Bagi Pelamar P3K Non Guru

  • Whatsapp
Info CPNS Maluku

Ambon, MalukuPost.com – Berdasarkan keputusan Menteri Pendayagunaan Aparatur Sipil Negara – Reformasi Birokrasi (Kemenpan-RB), pendaftaran Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) dan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (P3K) sudah mulai berlangsung 31 Mei mendatang.

Namun hingga saat ini ada sejumlah pelamar terkhususnya PPPK non Guru masih beranggapan yang berhak mengikuti seleksi hanyalah honorer yang terdaftar dalam Data Pokok Pendidikan (Dapodik) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Kepala Badan Kepagawaian Daerah Provinsi Maluku Jasmono dikonfirmasi MalukuPost.com, Sabtu (29/05/2021), menyatakan ada empat persyaratan bagi pelamar yang ikut seleksi P3K non Guru,

Pertama, tenaga honorer K2 (THK2) yang sudah masuk dalam database Badan Kepegawaian Negara (BKN).

Kedua, guru honorer yang masih aktif mengajar di sekolah negeri dibawah kewenangan pemerintah daerah dan sudah terdaftar sebagai Guru di dalam Dapodik Kemendikbud.

Ketiga, guru yang masih aktif mengajar di sekolah swasta dan terdaftar sebagai Guru di Dapodik Kemendikbud.

Keempat, lulusan pendidikan profesi Guru (PPG) yang belum menjadi Guru dan terdaftar database lulusan profesi guru kemendikud.

“Jadi sepanjang lulus PPG di point keempat itu berarti bisa ikut seleksi PPPK,”ungkapnya.

Jasmono menambahkan, sampai saat ini pihaknya belum menerima informasi penundaan penerimaan CPNS dan PPPK.

“Sampai saat ini kita belum mendapat informasi itu,”tandasnya.

Sekedar diketahui, proses seleksi CPNS dan PPPK non guru dimulai dengan pengumuman seleksi 30 mei-13 juni 2021, pendaftaran seleksi 31 Mei sampai dengan 21 Juni, pengumuman jadwal CPNS dan PPPK non guru 1-30 Juni, masa sanggah 1-11 Juli, seleksi kompetensi dasar (SKD) CAT BKN Juli sampai september 2021.

Seleksi komptensi PPPK non guru (CAT BKN) Juli sampai september, seleksi kompetensi Guru (CBT Kemendikbud) terdiri dari tes 1 Agustus, 2 oktober tes 2, tes 3 Desember. Pelaksanaan SKB CPNS bulan september sampai oktober, pengumuman akhir masa sanggah bulan november 2021, penetapan NIP CPNS/nomor indui PPPK bulan desember.

Dijelaskan Jasmono, terkait kuota CPNS dan PPPK, berdasarkan keputusan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokarasi nomor 624 tahun 2021 tentang penetapan kebutuhan pegawai negeri sipil negara di lingkungan pemerintah provinsi Maluku tahun anggaran 2021, Maluku dijatahi 2.473 formasi, terdiri dari 139 formasi CPNS terbagi dari tenaga kesehatan 111 formasi, tenaga teknis 28 formasi. Sedangkan Guru PPK 2334.

“Kuota ini, menurun dari usulan pemerintah daerah provinsi Maluku sebanyak 3.089 formasi, terdiri dari PPPK sebanyak 2.934 formasi dan formasi CPNS sebanyak 155,” bebernya.

Pos terkait